Berita Terkini: Inilah Status FB Buni Yani Membuatnya Menjadi Tersangka!

0
7306
buni yani
Copyright ©sindonews

Buni Yani Resmi Ditahan Karena Status FB nya, Bukan Posting Video Ahok !

Indowarta.comBuni Yani ditetapkan menjadi tersangka atas kasus dugaan pencemaran nama baik dan penghasutan tentang suku, agama, ras, dan antar golongan atau SARA. Hari ini Polda Metro Jaya resmi menetapkan mantan mahasiswa lulusan Amerika Serikat ini.

Sebelumnya Buni Yani telah mengunggah potongan video pidato Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Saat itu Ahok sedang memberikan kampanyenya di Kepulauan Seribu pada akhir September 2016 lalu. Isi dari pidato Ahok diduga sudah menistakan agama Isla,

Kombes Awi Setiyono selaku Humas Polda Metro Jaya menyatakan bahwa Buni Yani ditetapkan menjadi tersangka bukan karena unggahan video Ahok. Melainkan karena tulisan di akun Facebook (FB) nya.

WAJIB BACA :  Ahok Bantah Tuduhan Anies Baswedan Soal Aliran Uang Operasional Gubernur DKI

Dikutip dari pernyataan Awi saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, hari ini 23 November 2016. Penyidik tidak menemukan adanya perubahan atau penambahan suara BTP dari video yang diposting. Video tersebut asli. Hanya saja dipotong menjadi 30 detik. Perbuatan yang dipidakan bukan karena memposting video Ahok. Tetapi karena telah menuliskan 3 paragraf kalimat di akun FB pribadinya.

Buni Yani
Copyright©facebook

Menurut saksi ahli, 3 paragraf yang ditulis Buni Yani ini bisa saja menghasut, mengajak orang untuk membenci dengan alasan SARA. Atas kasus ini, Buni Yani dijerat pasal 28 ayat 2 juncto pasal 45 ayat 2 UU 11 tahun 2008 tentang Informasi Teknologi dan Transaksi elektronik tentang penyebaran informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA.

WAJIB BACA :  Ahok Bantah Tuduhan Anies Baswedan Soal Aliran Uang Operasional Gubernur DKI

Atas ayat di atas, Buni terancam dipenjara selama 6 tahun dan denda maksimal 1 miliar rupiah. Saat ini tersangka masih menjalani pemeriksaan selama 1 x 24 jam. Hasil pemeriksaan penyidik akan menentukan apakah Buni ditahan atau tidak. Penyidik juga akan mempertimbangkan alasan subyektif maupun obyektif.

Status FB Buni yang membuatnya dinyatakan sebagai tersangka adalah berikut ini. Tulisan ini dikutip dari FB Buni Yani atas caption video Ahok.

Penistaan Terhadap Agama?

“Bapak Ibu (pemilih Muslim).. dibohongi Surat Al Maidah 51”.. (dan) “masuk neraka (juga Bapak Ibu) dibodohi”.

Kelihatan akan terjadi sesuatu yang kurang baik dengan video ini.

baca juga :

Berita Terkini: Telepon Seluler Buni Yani Ikut Diperiksa Polisi dalam Kasus Ahok !

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here