Berita Terkini: Gus Mus dan PBNU Peringatkan Muslim yang Rencanakan Shalat Jumat Di Jalan Raya !

0
1252
Berita Terkini: Gus Mus dan PBNU Peringatkan Muslim yang Rencanakan Shalat Jumat Di Jalan Raya !
Copyright ©Nahdlatul Ulama

Gus Mus dan PBNU Peringatkan Muslim yang Rencanakan Shalat Jumat Di Jalan Raya !

Indowarta.com – KH Mustofa atau yang sering disapa Gus Mus berbicara tentang rencana Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI yang akan melakukan aksi shalat Jumat di Jalan Protokol Jumat 2 Desember 2016 nanti. Dirinya berharap aksi tersebut tidak dilakukan.

Melalui akun Twitter Gus Mus, dirinya memposting “Aku dengar kabar di Ibu Kota akan ada jumat-an di jalan raya. Mudah-mudahan tidak benar”. Jika benar, dalam sejarah islam sejak zaman Rasulullah SAW baru kali ini ada bid’ah sedemikian besarnya dan dunia pasti heran, tambahnya.

Gus Mus sendiri mempertanyakan apa ada dalil Al-Qur’an dan hadisnya melakukan shalat Jumat di jalan raya. Dirinya juga mempertanyakan apakah Rasulullah SAW dan para sahabatnya serta tabi’in pernah melakukan atau memperbolehkannya. Jika benar apa kah shalat tahiyyatal masjid diganti dengan tahiyyatal thariq atau tahiyyatasy syari, ujarnya.

Berita Terkini: Gus Mus dan PBNU Peringatkan Muslim yang Rencanakan Shalat Jumat Di Jalan Raya !
Copyright ©Pojok Satu

Jika shalat Jumat di jalan raya itu benar akan dilakukan, Gus Mus mengimbau umat Islam yang tidak mempunyai kepentingan politik apapun agar memikirkan hal tersrbut dengan jernih. Setelah itu silahkan Anda bebas untuk melakukan pilihan Anda sendiri. Gus Mus hanya merasa bertanggung jawab untuk mengasihi saudaranya.

Banyak netizen yang menanggapi apa yang dibicarakan Gus mus tersebut. Ada yang pro maupun kontra. Ada juga yang meminta agar Gus Mus berkata yang menyejukkan hati dan memberikan wejangan yang lembut seperti biasanya saja.

Gus Mus mengatakan, sepengetahuannya baik shalat Id apalagi shalat Jumat tidak pernah dilakukan Rasulullah SAW di jalan. Maka dari itu dirinya berharap agar hal tersebut tidak dilakukan. Demo di Negara demokrasi seperti di Indonesia ini sah saja, akan tetapi poinnya shalat Jumat di jalan raya itu. Demo bisa saja dilakukan setelah shalat Jumat selesai.

Shalat Jumat di jalan raya tersebut merupakan salah satu rangkaian dari aksi demo yang menuntut Ahok untuk segera ditahan pada 2 Desember mendatang. Akan tetapi Pengurus Besar NU menilai hukum ibadah tersebut masuk dalam kategori makruh hingga tidak sah bila dilakukan.

Baca juga Berita Terkini:Walau Dilarang Kapolri dan Presiden, Aksi Demo2 Desember Akan Tetap Dilaksanakan?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here