Apa Perbedaan Makar Dan Kudeta, Ini Penjelasannya !

    0
    3349
    Copyright ©Tribunnews

    Apa Perbedaan Makar Dan Kudeta, Ini Penjelasannya !

    Indowarta – Selasa (21/11/2016) Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan mengadakan jumpa pers untuk mengumumkan maklumat soal rencana unjuk rasa yang ditengarai bisa disusupi upaya makar. Pernyatan itulah yang akhirnya mendorong sejumlah wartawan bertanya tentang definisi dari makar.

    Iriawan mengatakan makar yaitu menggulingkan pemerintahan yang sah, selama itu tidak ada maka tidak akan jadi masalah. Jadi ada aturan yang mengatur berkaitan dengan hal tersebut. Itu ada ketentuannya, semua itu bisa diperdalam dan bisa dibuka di Google.

    Berita Terkini: Pemerintahan Presiden Jokowi Dinilai Berlebihan Saat Tuding Aksi 25 November dan 2 Desember Tergolong Makar !
    Copyright ©Merdeka

    Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI), makar mempunyai beberapa arti yaitu 1. Akal busuk; tipu muslihat; 2. Perbuatan (usaha) dengan maksud hendak menyerang (membunuh) orang, dan sebagainya; 3. Perbuatan (usaha) menjatuhkan pemerintahan yang sah.

    Selain itu juga diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum pidana sebagai kejahatan terhadap keamanan sebuah negara,terutama di pasal 104, 107, dan 108 dengan ancaman hukuman mati. Pasal tersebut mengatur pidana kejahatan kepada Presiden dan Wakilnya, juga ancaman kepada pihak penggeraknya.

    Bunyi dari pasal 104: Makar dengan maksud untuk membunuh, atau merampas kemerdekaan, atau meniadakan kemampuan Presiden atau Wakil Presiden memrintah, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun.

    Bunyi pasal 107:

    1. Makar dengan maksud untuk menggulingkan pemerintah, diancam dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun.
    2. Para pemimpin dan pengatur makar tersebut dalam ayat 1, diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun.

    Bunyi pasal 108:

    1. Barang siapa bersalah karena pemberontakan, diancam dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun:
    • Orang yang melawan pemerintah Indonesia dengan senjata;
    • Orang yang dengan maksud melawan Pemerintahan Indonesia menyerbu bersama-sama atau menggabungkan diri pada gerombolan yang melawan pemerintahan dengan sengaja.
    1. Para pemimpin dan para pengatur pemberontakan diancam dengan penjara seumur hidup atau pidana penjara sementar paling lama dua tahun.

    Sedangkan pengertian kudeta menurut KBBI adalah perebutan kekuasaan(pemerintahan) dengan paksa.

    Menurut situs Hukum Online, perbedaan makar dengan kudeta  yaitu secara umum, kudeta lebih menuju pada istilah politik dan makar menuju pada istilah hukum.

    Menurut pasal 87 KUHP, tindak pidana makar baru akan dianggap terjadi jika telah dimulainya perbuatan pelaksaan dari si pembuat  makar. Sebelumnya banyak yang menganggap kedua hal tersebut sama, tetapi ada juga yang menganggapnya berbeda.

    Baca juga Berita Terkini: Dituding Motori Aksi Makar, MUI Beberkan Agenda Turun Kejalan 2 Desember!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here