Berita Terkini: Terancam Kena Denda, FB Hentikan Hapus EXIF Metadata Foto!

0
915
fb
Copyright©windowscentral

Tindakan FB Langgar Hak Cipta Fotografer, Terpaksa Hentikan Penghapusan Metadata EXIF !

Indowarta.com– Facebook atau FB kembali menuai kritikan dari kelompok fotografer. Pasalnya Facebook kali ini berusaha menghapus metadata EXIF dari foto yang diunggah ke layanan. Al hasil justru menuai kontroversi karena dianggap sudah melanggar hukum hak cipta. Sebelumnya seorang fotografer telah memenangkan gugatan terhadap FB di Jerman.

Dari laporan yang dihimpun, perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg dengan terpaksa akan menghentikan praktik penghapusan EXIF. Jika tidak begitu, ia harus membayar denda untuk fotografer di Jerman.

Sebagai informasi data EXIF adalah sejenis data yang isinya tentang pengaturan exposure, kamera, dan lensa yang digunakan untuk pengambilan gambar. Tak hanya itu, data terkait informasi hak cipta fotografer juga terdapat disana.

WAJIB BACA :  Viral di FB, Benarkah Film Naura & Genk Juara Lecehkan Islam?

Menurut pengadilan di Negeri Jerman, tindakan FB menghapus metadata EXIF merupakan tindakan ilegal. Sehingga harus dihentikan. Jika data EXIF tidak dihapus, sejumlah informasi tetap melekat pada foto. Bahkan jika file tersebut ukurannya diubah atau disalin. Berbeda halnya jika memang data harus dihapus. Secara umum, metadata sangat mudah dihilangkan dari foto. Tetapi tetap ada jaminan hak cipta fotografer.

FB
Copyright©ilustrasi

Menurut Hendrik Wieduwilt, seorang pengacara di Jerman sekaligus jurnalis dan fotografer. Ia menerangkan kasus serupa akan berdampak pada kebijakan Fb selain di Jerman.

Keputusan pengadilan Jerman terhadap tindakan FB ini lebih condong berpihak pada fotografer. Karena dalam upaya mengejar kepentingan hak cipta. Selebihnya FB dirasa tidak akan membuat solusi lain hanya untuk di Jerman. Karena konsekuensinya bersifat global.

WAJIB BACA :  Publik Tak Merasa Film Naura & Genk Juara Lecehkan Islam!

Sejauh ini, sejak digugat oleh seorang fotografer tersebut terhitung 6 bulan lamanya. FB tidak mengeluarkan argumen apapun kepada pengadilan. Sehingga pengadilan pun menganggap keputusan penghapusan EXIF adalah pelanggaran hak cipta dirasa sudah tepat.

Dengan demikian FB harus mengganti cara mengatasi gambar uang diunggah ke layananannya agar bebas dari resiko denda.

Sementara itu kasus lain juga terjadi akibat pertemanan di FB. Sepasang kekasih, yang statusnya duda dan janda. Dia adalah Ananda 26 tahun dan Donna 28 tahun. Mereka menjalin hubungan sejak 3 bulan kemarin.

Ananda merasa cemburu terhadap Donna. Ia juga mencurigai Donna memiliki kekasih lain di Facebooknya. Tak kuat menahan emosi, Ananda pun memukul Donna hingga ia melaporkan ke Polres Tebingtinggi. Tak ingin berurusan panjang Ananda mendatangi Polres dan meminta jalan damai.

baca juga :

Berita Terkini: Lantaran Unggahan Di FB, Akhirnya Buni Yani Ditetapkan Jadi Tersangka Lantaran Uggah Video Ahok !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here