Sudah Ditetapkan Jadi Tersangka, Buni Yani Akan Ditahan?

0
1102
Buni Yani
Copyright©viva

Sudah Ditetapkan Jadi Tersangka, Buni Yani Akan Ditahan?

Indowarta.com– Penyidik Subdit Cyber Crime Dit reskrimsus Polda Metro Jaya akan melakukan pemeriksaan terhadap Buni Yani sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik, penghasutan dan juga SARA. Kabid Humas Polda Metro Jaya yakni Kombes Pol Awi Setiyono telah mengatakan bahwa penyidik mempunyai waktu 1 kali 24 jam untuk memeriksa Buni Yani.

Awi, kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya pada hari Rabu 23 November 2016 mengatakan “Secara proses dia tersangka, sementara 1 X 24 jam diperiksa kembali sebagai tersangka. Nanti pukul 20.00 WIB besok itu diputuskan, tahan ataukah tidak,”.

Dirinya mengatakan bahwa pihak penyidik mempunyai wewenang untuk melakukan penahanan terhadap Buni Yani maupun tidak. Penyidik akan memroses Buni Yani sebagai tersangka. Pada sebelum ini, Buni Yani telah menjalani pemeriksaan dengan status sebagai saksi terlapor.

Awi menyebutkan bahwa terkait dengan ditahan atau tidaknya Buni Yani, tentu dirinya masih menunggu keputusan dari pihak penyidik. Nantinya alasan objektif dan subjektif akan dikembalikan ke penyidik.

Buni Yani
Copyright©klimg

Penyidik Subdir Cyber Cirme Dit Reskrimum Polda Metro Jaya telah menetapkan Buni Yani sebagai tersangka terkait dengan video dugaan penistaan atas Gubernur Nonaktif DKI Jakarta yakni Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa dengan nama Ahok.

Atas perbuatan yang telah dilakukan itu, Buni Yani kini telah dijerat dengan pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45 ayat 2 Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan juga Transaksi Elektronik dengan ancaman pidana selama maksimal enam tahun penjara dan juga denda sebesar Rp 1 Miliar.

Polisi telah menyebutkan bahwa penetapan Buni Yani ini sebagai tersangka bukanlah merupakan masalah penyebaran video itu. Akan tetapi penetapan status itu karena dinilai telah menyebarkan informasi yang menimbulkan kebencian dan juga permusuhan.

Penyidik sudah memiliki bukti yang cukup kuat untuk menetapkan Buni Yani sebagai tersangka dalam kasus ini. Bukti tersebut diantaranya adalah beberapa keterangan yang telah didapatkan dari para saki dan juga ahli yang sudah diperiksa.

baca juga :

Berita Terkini: Relawan Ahok Siap Kawal Buni Yani Sampai Ke Pengadilan Usai Ditetapkan Jadi Tersangka !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here