Berita Terkini: Benarkah Ujian Nasional Akan Dihapus Selamanya ?

    0
    14747
    Berita Terkini: Ujian Nasional Tak Jadi Dihapus, Pemerintah Kena Kritikan !
    Copyright ©Tribunnews

    Benarkah Ujian Nasional Akan Dihapus Selamanya ?

    Indowarta.com – Muhadjir Effendi selaku Mendikbud memutuskan untuk menghapus Ujian Nasional (UN). Keputusan tersebut tinggal menunggu Instruksi Presiden. Saat di hubungi Muhadjir mengatakan dimoratorium, di tahun 2017 ditiadakan.

    Ujian akhir bagi siswa sekolah didesentralisasi. Pelaksanaan ujian akhir siswa SMA_SMK dan sederajat diserahkan kepada pemerintah provinsi. Sedangkan untuk level SMP dan SD sederajat akan diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota.

    Selain itu dirinya juga mengatakan pelaksanaan tetap standard nasional. Badan Standardisasi Nasional akan mengawal, mengontrol dan mengendalikan prsesnya. Jika tidak ada lagi itu maka supply-suply soal ke daerah akan dikawal oleh polisi.

    Berita Terkini: Benarkah Ujian Nasional Akan Dihapus Selamanya ?
    Copyright ©Okezone

    Kelulusan siswa nantinya akan ditentukan oleh pihak sekolah. Hasil ujian akhir akan jadi salah satu bahan pertimbangan. bukan memjadi satu-satunya faktor yang menentukan kelulusan. Dan Presiden saat ini setuju, kata Muhadjir.

    Dirinya sudah dipanggil oleh Pak Presiden sebelum shalat Jumat tadi. Prinsipnya Beliau sudah menyetujui, tinggal menunggu inpres saja.

    Ujian Nasional akan kembali diadakan jika level pendidikan di Indonesia sudah merata. Sambil memoratorium UN, Kemendikbud akan mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan agar merata di seluruh Indonesia.

    Ujian Nasional akan tetap dilakukan sesuai dengan amanah Mahkamah Agung kalau semua pendidikan di Indonesia sudah bagus. Mak dari itu nantinya akan pemetaan saja. nanti akan dilihat apakah ada pebaikan di tahun 2017 cukup signifikan.

    Lalu dengan tahun 2018, Ujian Nasional hampir pasti belum ada, karena tidak bisa setahun dua tahun untuk meningkatkan kualitas sekolah secara merata. Sekolah- sekolah yang diatas standard nasional itu hanya 30 persen saja, dan itu yang haru di treatment.

    Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ujian Nasional selalu menjadi momok bagi setiap siswa. Bagaimana tidak, nasib mereka akan di tentukan dalam beberapa hari saja. Desakan penghapusan itu sebenarnya sudah ada sejak UN bukan Lagi menjadi penentu kelulusan, karena sejumlah pakar menilai UN menjadi kegiatan yang buang-buang anggaran Negara, dan itu bisa di ganti dengan alternatif ujian lain.

    Jika Ujian Nasional dihapuskan, maka pasti aka nada yang pro dan kontra. Menurut pengamat pendidikan sejauh unu UN membebani guru untuk hanya fokus pada ujian, memicu kecurangan, tidak terbukti membuat sitem pendidikan di Indoneis jadi lebih baik, tidak terbukti memicu semangat belajar para siswa, tidak memicu Integritas.

    Baca juga Berita Hari Ini : Kemendikbud Jamin Dan Yakin Soal UN 2016 Tak Akan Bisa Diretas !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here