Berita Terkini: Banjir Di Kabupaten Cilacap Meluas !

0
1128
Berita Terkini: Banjir Di Kabupaten Cilacap Meluas !
Copyright ©Tribunnews

Banjir Di Kabupaten Cilacap Meluas !

Indowarta.com – Bancana banjir yang melanda wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa tengah semakin meluas. Bencana tersebut saat ini melanda tiga kecamatan yang meliputi Kecamatan Sidareja, Cimanggu dan Kroya. Menurut Tri Komara Sindhy selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Cilacap mengemukakan akibat hujan deras yang terus menerus mengguyur Cilacap sejumlah desa di tiga kecamatan terendam banjir.

Dirinya mengatakan banjir merendam lahan persawahan di Dusun Karangtengah kidul Desa Karangreja Kecamatan Cimanggu akibat jebolnya Sungai  Cikawung yang terjadi pada Kamis malam lalu. jebolnya tanggul di sungai tersebut terjadi di tiga titik dengan panjang jebolan mulai dari 7 meter hingga 50 meter. Akibabatnya sekitar 150 hektare lahan sawah terendan air.

Untuk menangani jebolnya tanggul tersebut, dibutuhkan karung plastik dan alat berat untuk penanganan sementara. Selain diwilayan Kecamatan tersebut,BPDB Cilacap juga mencatat sekitar 400-an lebih rumah warga di lima desa serta 180 hektare lahan sawah yang terendam banjir. Lima desa tersebut meliputi Desa Sidareja, Tinggarjaya, Gunungreja, Sidamulya dan Sudagaran.

Berita Terkini: Banjir Di Kabupaten Cilacap Meluas !
Copyright©Merdeka

Selain itu, terdapat 43 jiwa yang saat ini mengungsi sementara di Aula Koramil Sidareja. Total saat ini ada 482 rumah dan 180 hektare sawah yang terendam. Sementara itu Fadli (37) warga Sidareja mengemukakan, air sempat mengalami surut sekitar 30 cm, namun saat ini warga masih waspada karena hujan masih terus terjadi dan kemungkinan ketinggian air bisa naik lagi.

Tidak hanya itu, sejumlah warga desa di Kecamatan kroya juga terdampak banjir. Dari catatan BPBD Cilacap wilayah Kroya, air menggenangi pemukiman warga di wilayah tersebut dengan ketinggian mulai 5 cm hingga 40 cm. Desa yang terdampak bencana tersebut meliputi Desa Mujur Lor yang tercatat sekitar 45 rumah yang terendam air dengan ketinggian sekitar 5 cm hingga 25 cm.

Kemudian di Desa Nusawungu, tercatata dua dusun yang dihuni sekitar 160 keluarga yang terendam banjir hingga 40 cm. tidak hanya itu, bencana itu juga merendam Desa Kedawung Kecamatan Kroya, tepatnya di Dusun Senangka. Dari informasi yang telah dihimpun dari BPBD Cilacap, 80 keluarga terendam air setinggi 40 cm di jalan dan lingkungan tersebut.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur tersebut juga menyebabkan lima kecamatan dilanda bencana longsor. Bencana tersebut melanda wilayah Cilacap bagian barat meliputi Kecamatan Karangpucung, Cimanggu, Manajeng, Warajena dan Cipari.

Baca juga Berita Terkini: Nama Pandu Wijaya Jadi Bulan-bulanan Publik Sampai Masuk Google Trend Usai Maki-maki Gus Mus !

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here