Berita Terkini: Begini Cara BNPT Tangkal Radikalisme Video di Youtube !

0
980
Youtube

Berita Terkini: Begini Cara BNPT Tangkal Radikalisme Video di Youtube !

Indowarta.com- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme atau BNPT kini tengah gencar melakukan pencegahan terorisme.  Berbagai inovasi kini telah coba dilakukan. Salah satu upayanya adalah melalui pembuatan video pendek sebagai sarana kontrapropaganda ajaran radikal. Dalam hal ini, BNPT telah meminta Badan Usaha Milik Negara atau BUMN dan kalangan swasta untuk ikut campur dalam upaya yang tengah dilakukan oleh BNPT ini.

Hal ini sesuai dengan apa yang telah dikatakan oleh Brigjen Hamidin selaku direktur pencegahan BNPT dalam konferensi pers Grand Final Lomba Video Pendek untuk siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas dan sederajat di Pusat Perfilman Usmar Ismail yang digelar di Jakarta pada hari Jumat 25 November 2016.

Hamidin mengatakan bahwa sepuluh video yang terbaik ini akan masuk ke babak grand final dan akan diputar di fasilita-fasilitas umum seperti di Bandara, Stasiun, rumah sakit, ataupun papan reklame. Pihaknya akan terus meminta kepada  pihak yang berkaitan dengan fasilitas umum itu untuk memberikan fasilitasnya.

Youtube

Hamidin juga menambahkan bahwa langkah itu telah diambil untuk memaksimalkan upaya pencegahan yang selama ini sudah dilakukan. Hamidin mengatakan “Seluruh video yang ikut lomba total ada 640, semuanya sudah diunggah di media sosial Youtube. Dengan diputar di fasilitas umum maka kami harapkan akan semakin banyak ditonton orang, yang artinya bisa semakin maksimal langkah pencegahan yang diinginkan”.

Hamidin mengatakan bahwa sebagai upaya untuk kontrapropaganda atas maraknya video yang berisikan tentang ajaran radikaslisme di media sosial, lomba video ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan oleh BNPT.

Hamidin mengatakan “Lihat Youtube misalnya. Video ajaran radikal bisa ditonton lebih dari 20.000 kali, dan jumlahnya banyak. Sementara video berisikan ajaran kontra radikalisme sangat minim. Kami akan upayakan lomba ini bisa dilakukan secara berkelanjutan, sehingga bisa menjadi lawan sepadan atas peredaran video radikal terorisme”.

Lomba video pendek ini telah dilakukan dengan berkerjasama dengan 32 forum koordinasi pencegahan terorisme di 32 provinsi se Indonesia. Lomba ini mengambil tema “kita boleh beda” telah menghasilkan sebanayk 640 video yang semuanya telah diunggah ke dalam Youtube.

baca juga :

Berita Terkini: Meski Berseteru, Palestina Tetap Ulurkan Bantuan Untuk Padamkan Api kebakaran Israel !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here