Berikut Resume Berkas Perkara Ahok Sampai Saat Ini !

0
1951
Ahok
Copyright©bisnis

Berikut Resume Berkas Perkara Ahok Sampai Saat Ini !

Indowarta.com – Bareskri Mabes Polri telah menyerahkan bekas perkara kasus penistaan agama yang diduga dilakukan oleh calon gubernur DKI Jakarta. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Jumat (25/11). Berkas perkara yang setebal 826 halaman tersebut diserahkan setelah dinyatakan lengkap oleh penyidik Kepolisian dan setelah itu akan diteliti oleh jaksa penuntut umum.

Dalam resume berkas perkara yang telah diserahkan, disebutkan tanggal 27 September 2016, sekitar jam 08.30 WIB di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pulau Pramuka, kelurahan Pulau Panggang,Kec. Pelau Seribu Selatan Kab. Administrasu Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, saat Ahok memberikan sambutan di hadapan masyarakat dalam acara panen ikan kerapu yang diselenggarakan oleh Dinas perikanan dan Ketahanan Pangan Prov DKI.

WAJIB BACA :  Ahok Bantah Tuduhan Anies Baswedan Soal Aliran Uang Operasional Gubernur DKI

Dalam sambutannya tersebut Ahok menyangkut  Surat Al Maidah ayat 51, pernyataannya tersebut kemudian termuat dalam rekaman video yang sudah dipegang oleh penyidik Kepolisian pada menit akhir ke-23 sampai menit ke-24 dari durasi 29 menit.

Berita Terkini: Ahok Akan Mulai Diperiksa Sebagai Tersangka Kasus Penistaan Agama Hari Ini !
copyright ©Kompas

Atas ucapannya tersebut, Ahok yang saat itu selaku gubernur DKI Jakarta dilaporkan atas kasus dugaan penistaan agama, penghinaan/ penodaan agama dan terhadap suatu golongan. Seperti yang dimaksud dalam Pasal 156a KUHP dan pasal 156 KUHP.Dalam kasus tersebut, penyidik penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap 41 orang saksi dan ahli, serta 1 orang tersangka dan melakukan penyitaan 16 alat bukti.

Barang bukti yang disita antaranya, berkas asli Berita Acara Pemeriksaan Laboratorium Kriminalistik No. Lab : 3809/FKF/2016 serta 1 bungkus amplop cokelat disegel berisi satu keping DVD-R yang berlabel 27/sept 16 Gub basuki t Purnama Kunjungan ke Kep Seribu dalam rangka kerja sama denganSTP.

WAJIB BACA :  Ahok Bantah Tuduhan Anies Baswedan Soal Aliran Uang Operasional Gubernur DKI

Kemudian juga ada berkas asli Berita Acara Pemeriksaan Laboratorium Kriminalistik 3810/FKF/2016 serta 1 amplop cokelat disegel berisi 1 unit flashdisk an. Pelapor Novel Chaidir Hasan; 1 keping DVD-R an. Pelapor Muh. Burhanuddin; 1 keping DVD-R an.Pelapor Habib Muchsin.

Selanjutnya ada, 1 lembar fotocopy Koran Cerucok Ekspose saat pilkada Provinsi Bangka Belitung, 1 ekslempar fotocopy Keputusan Bupati Belitung Timur.

Atas perbuatannya, Ahok terancam hukuman pidana penjara selama-lamanya lima tahun karena telah melanggar Pasal 156a KUHP tentang penistaan/penghinaan/penodaan agama dan ancaman pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah karena melanggar pasal 156 KUHP tentang penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan (ulama).

Baca juga Video Youtube Nusron Berikan Wejangan Untuk Ahok Ini Ramai Di Berbagai Media Sosial, Dari FB Hingga Twitter !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here