Berita Terkini: Kebakaran Di Israel Disebabkan Adanya ‘Intifadah’ Atau Perlawanan?

2
81933
Berita Terkini: Kebakaran Di Israel Disebabkan Adanya 'Intifadah' Atau Perlawanan?
Copyright ©Merdeka

Berita Terkini: Kebakaran Di Israel Disebabkan Adanya ‘Intifadah’ Atau Perlawanan?

Indowarta.com – Beberapa hari lalu terjadi kebakaran hebat di Israel, udara kering dan angina kencang menyebabkan api menjalar dengan cepat ke wilayah-wilayah lain di Haifa, Israel. Dalam kejadian tersebut polisi Israel telah menangkap 12 orang yang dicurigai telah melakukan serangkaian pembakaran di sekitar wilayah negeri tersebut selama empat hari.

Pemadam kebakaran telah menguasai api di sekitar Kota Haifa bagian utara. Dalam kejadian tersebut sekitar 80.000 orang diperintahkan untuk mengungsi. Tetapi para petugas mengatakan masih ada beberapa api kecil masih ditangani di beberapa lokasi yang berbeda.

Beberapa orang juga dirawat karena mengalami gangguan pernapasan, tampai sampai sejauh ini belum ada laporan korban yang mengalami cidera parah. Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan jika api tersebut disulut dengan sengaja, maka hal tersebut akan dianggap sebagai tindak terorisme.

israel kebakaran
Copyright© beritabulukumba

Menteri Pendidikan, Naftali Bennet yang juga sebagai pemimpin partai sayap kanan, partai Rumah Yahudi (Jewish Home), mengisyaratkan jika adanya keterlibatan dari orang Arab-Israel atau Palestina.

Kelompok yang dipimpin Presiden Palestina Mahmoud Abbas,Fatah mengtakan kalau pejabat Israel mempergunakan kebakaran Israel untuk menuduh orang-orang Palestina. Timbulnya puluhan titik kebakaran selama empat hari terakhir ini semakin semakin memanaskan ketegangan antara orang Yahudi Israel dengan anggota minoritas negara Arab, serta warga Palestina.

Beberapa media Israel juga memanas-manasi kejadian kebakaran Israel itu dengan memberikan pernyataan tentang adanya ‘intifadah kebakaran’ atau perlawanan setelah kasus penikaman, tembakan dan serangan tabrakan mobil yang terjadi selama tahun lalu.

Ayman Odeh yang merupakan anggota parlemen orang Arab-Israel dari Haifa yang menjadi penduduk campuran Arab dan Yahudi mengatakan pelaku pembakaran adalah musuh kita semua.

Dalam kebakaran Israel ini para petugas sudah memadamkan api diberbagai lokasi sejak Selasa (22/11) dan ramalan cuaca memperingatkan bahwa udara kering dan angina kencang bisa semakin memperparah keadaan dan kebakaran dicemaskan bisa berlangsung hingga pekan depan.

Sebagian Negara sudah mengirimkan bantuan dan peralatan seperti pesawat terbang untuk membantu mengatasi kebakaran. Netanyahu juga mengatakan mereka juga akan menggunakan jasa sebuah perusahaan AS yang mengoperasikan pesawat yang  dikenal sebagai “Supertanker”

Tahun 2010 lalu, 42 orang tewas dalam kebakaran yang terjadi di Gunung Carmel, selatan Haifa.

Baca juga Berita Terkini: Meski Berseteru, Palestina Tetap Ulurkan Bantuan Untuk Padamkan Api kebakaran Israel !

2 COMMENTS

  1. Semoga Israel bisa cepat menanggulangi dan memulihkan keadaan kembali setelah dilanda kebakaran yg sangat besar ini, …… Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here