Aung San Suu Kyi Dinilai Sengaja Legimitasi Genosida Untuk Muslim Rohingnya !

0
4022
Rohingnya
Copyright©binamasyarakat

Aung San Suu Kyi Dinilai Sengaja Legimitasi Genosida Untuk Muslim Rohingya !

Indowarta.com- Aung San Suu Kyi yang merupakan pimpinan dari faksi politik berkuasa di Myanmar dan juga peraih Hadiah Nobel Perdamaian ini telah dituduh melakukan legitimasi genosida terhadap komunitas Muslim Rohingya di Rakhine. Hal ini dikarenakan Suu Kyi yang pada saat ini mempunyai kekuasaan ini masih bersikap acuh terhadap penderitaan yang dialami oleh Komunitas Rohingya.

Tuduhan tersebut telah disampaikan oleh aktivis Hak Asasi Manusia  yang bernama David Mathieson dai Human Rights Watch atau HRW. Tuduhan ini telah muncul setelah PBB menyatakan bahwa Myanmar telah melakukan pembersihan etnis Rohingya. Terhadap militer yang membakar desa, melakukan pelecehan terhadap wanita dan juga membunuh para warga sipil Rohingya.

Kekerasan yang terbaru ini terjadi terhadap komunitas Muslim Rohingya oleh Militer Myanmar terjadi semenjak pos polisi perbatasan telah disernag oleh orang bersenjata yang tidak dikenal. Akibat dari kejadian itu adalah sebanyak 9 orang polisi telah meninggal dunia pada tanggal 9 Oktober 2016. Beberapa pejabat Myanmar pun teloah melancarkan tuduhannya kepada militan Rohingya atas kejadian ini. Oleh sebab itu militer Myanmar telah merespon hal tersebut dengan meluncurkan operasi di beberapa desa komunitas Rohingya di negara bagian Rakhine.

Rohingnya
Copyright©binamasyarakat

Mathieson mengatakan bawha kegagalan dari Suu Kyi berbicara dalam mendukung Rohingya ini telah membingungkan audiens internasional. Terlebih lagi Suu Kyi adalah seorang yang dipandang sebagai ikon pejuang HAM.

Mathieson mengatakan “Salah satu versi untuk menjelaskan diamnya adalah sikap ketidakpedulian, yang lain dihitung sebagai pesan terbatas, tapi yang paling mungkin adalah dia tidak memiliki kontrol atas militer Burma (Myanmar)”.

Sementara itu para peneliti di Queen Mary University London telah mengatakan bahwa diamnya Suu Kyi ini telah melegitimasi genosida dan juga berpihak kepada penganiayaan terhadap minoritas Rohingya. Militer Myanmar sendiri telah menyatakan bahwa mereka akan berperang untuk melawan pemberontakan bersenjata di wilayah Rakhine.

Pemerintah Myanmar sendiri telah menyatakan bahwa pihaknya menyangkal telah terjadi pelanggaran. Juru bicara Kepresidenan Myanmar yakni Zaw Htay telah mengatakan “Masyarakat internasional salah paham pada kami karena pelobi Rohingya mendistribusikan berita palsu’.

baca juga :

Berita Terkini: Penduduk Muslim Rohingya Disiksa Militer Myanmar, Sikap Aung San Suu Kyi Dinilai Bikin Malu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here