Berita Terbaru : Status FB Abu Uwais Diduga Jadi Provokatif Isu Rush Money Padahal Cuma Iseng?

0
2619
abu-uwais
Copyright © detik.com

Abu Uwais Tidak Ditahan Melainkan Wajib Lapor !

Indowarta.comAbu Uwais ditetapkan menjadi tersangka kasus penyebaran isu rush money lewat status facebook (FB) nya. Pria dengan usia 31 tahun ini dianggap menjadi provokator karena mengetikkan status yang sifatnya menghasut di akun pribadinya.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar kemarin 26 Desember 2016 mengatakan jika dalam akun FB Abu Uwais, dia mengajak semua orang untuk mengambil tabungan yang disimpan di bank komunis. Tentu tulisan Abu Uwais ini dianggap tidak mendidik, tidak baik dan bersifat provokatif.

Tertanggal 22 November 2016. Abu Uwais menuliskan “Aksi Rushmoney mulai berjalan. Ayo ambil uang kita dari bank milik komunis. Dalam ungggahanya, Abu Uwais juga menyertakan foto- foto dirinya dengan tumpukan uang dan ATM. Selain itu uang- uang kertas 100 ribu dan 50 ribu disusun membentuk huruf menjadi 2 Desember.

WAJIB BACA :  Viral Video FB Dua pemuda Bersamurai Tantang Anggota TNI, Gini Deh Jadinya!

Di akun FB nya, Abu Uwais terlihat usai mengambil uang di atm nya. Atas aksinya tersebut, Tim crime Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim menangkap Abu Uwais pada hari Jumat 25 November 2016 dini hari.

abu-uwais
Copyright © merdeka

Saat ini Uwais djerat dengan pasan 28 ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan Transaksi Elektronik. Hasil penyidikan, diketahui motif Uwas hanyalah iseng. Sayangnya justru menimbulkan kegaduhan.

Untuk kembali membuat kondisi yang kondusif, polisi menghimbau agar semua pihak dan masyarakat tidak meniru perbuatan Uwais. Seolah nada peringatan, Rafli juga mengingatkan tindakan provokasi di FB akan segera diketahi polisi.

Atas ulahnya sendiri, Uwais menyesal dan meminta maaf atas perbuatannya yang meresahkan publik. Ia terancam akan kehilangan pekerjaannya sebagai pengajar di salah satu sekolah. Meski demikian polisi tidak melakukan penahanan. Uwais hanya lapor diri.

WAJIB BACA :  FB Diam Diam menyusup Ke China dengan Sebutan Aplikasi Lain?

Sebelumnya Polri juga mengancam akan memenjarakan pelaku penyebaran berita hoax dan ikut gerakan rush money. Pelaku didenda maksimal 1 miliar hingga penjara 6 tahun. Terkait berita hoax, pelaku akan dijerat pasal 28 ayat 1 UU ITE.

baca juga :

Berita Terkini: Hasil Pantauan FB dan Twitter Temukan Seorang Penyebar Isu Rush Money, Siapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here