Suyadi, Tokoh Pencipta Boneka Si Unyil yang Dirayakan Ulang Tahunnya Oleh Google Hari Ini !

    0
    897
    Suyadi, Tokoh Pencipta Boneka Si Unyil yang Dirayakan Ulang Tahunnya Oleh Google Hari Ini !
    Copyright ©Orbit Indo

    Suyadi, Tokoh Pencipta Boneka Si Unyil yang Dirayakan Ulang Tahunnya Oleh Google Hari Ini !

    Indowarta.com – Senin (28/11/2016), Doodle Google memang selalu memuncunculkan tokoh terkemuka dunia pada setiap  momen khusus, hari ini secara mengejutkan Google menampilkan jejeran boneka Si Unyil dalam rangka memperingati Hari Lahir Suyadi ke-84. Tentu banyak orang yang bertanya-tanya siapa sebenarnya sosok Suyadi ini?

    Drs Suyadi yang memiliki nama lahir Raden Soejadi memiliki nama tenar atau yang biasa dikenal dengan nama Pak Raden ini juga dikenal sebagai salah satu sosok yang membesarkan cerita Si Unyil di Indonesia. Pria ini lahir di Puger, Jember pada 28 November 1932 dan telah wafat di RS Pelni Petamburan, Jakarta Selatan 30 Oktober 2015. Ia wafat pada usianya yang mengijak 82 tahun.

    Semasa hidupnya, pria yang dikenal dengan kumis melintangnya ini sempat mengecap pendidikan di Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1952 hingga 1960. Selanjutnya Suyani melanjutkan pendidikannya dari ITB ke Perancis untuk belajar tentang animasi pada 1961 hingga 1963.

    Suyadi, Tokoh Pencipta Boneka Si Unyil yang Dirayakan Ulang Tahunnya Oleh Google Hari Ini !
    Copyright ©Orbit Indo

    Sesampainya kembali di Tanah Air, Suyadi langsung berkutat untuk membuat tayangan Si Unyil. Tayangan yang kental akan edukasi itu lalu muncul untuk yang pertama kali di stasiun televisi TVRI pada 1981. Bisa dikatakan, Si Unyil karya dari PakRaden ini merupakan tayangan edukasi anak yang menghibur dan sarat nilai Indonesia dan tidak akan tergantikan.

    Si Unyil merupakan serial boneka yang menceritakan tentang seorang anak yang bernama Unyil yang menceritakan petualangan bersama teman-temannya. Si Unyil salah satu bagian yang  tidak terpisahkan dengan budaya populer Indonesia. Banyak orang yang hafal dengan berbagai unsur dalam seri ini. Mulai dari tema lagunya yaitu Hom-Pim-Pah alaiyum gambreng. Sampai dengan tokoh-tokohnya seperti Pak Raden dan Pak Ogah yang terkenal dengan kalimatnya Cepek dulu dong itu.

    Saat ini, Si Unyil masih tetap menjadi salah satu tayangan yang menarik bagi anak-anak. Hanya saja, formatnya telah di ubah. Di sebuah stasiun televisi swasta, tokoh Si Unyil muncul dalam acara Laptop Si Unyil.

    Selain menciptakan tokoh Si Unyil, Suyadi juga pernah didaulat oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk menjadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat sekolah dasar. Selain itu ia juga telah menciptakan beberapa karya buku yaitu “Petruk Jadi Raja”, “Gerhana The Eclipse”, dan Golden “cucumber”.

    Karena hingga saat ini Si Unyil masih tetap di tayangkan, meskipun dalam format yang berbeda oleh salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. sehingga wajar saja jika Google Doodle memperingati hari lahir Suyadi untuk memberikan suatu apresiasi atas jasa-jasanya.

    Baca juga Berita Terbaru : Alasan Stadion Pakansari Jadi Opsi Semifinal Pertandingan Piala AFF 2016 !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here