Berita Terkini: Lawan Polda Metro Jaya, Buni Yani Akan Daftarkan Praperadilan Senin Depan !

0
912
Berita Terkini: Lawan Polda Metro Jaya, Buni Yani Akan Daftarkan Praperadilan Senin Depan !
Copyright ©Tribunnews

Lawan Polda Metro Jaya, Buni Yani Akan Daftarkan Praperadilan Senin Depan !

Indowarta.com – Saat ini tim kuasa hukum yang membela Buni Yani tengah menyusun gugatan praperadilan untuk melawan penetapan tersangka dari Polda Metro Jaya. Buni merasa bahwa tidak adil telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyebaran kebencian berdasarkan SARA.

Kuasa Hukum Buni Yani, Aldwin Rahadian mengatakanjika saat ini lagi persiapan, kalau tidak Jumat (2/12/2016) atau Senin (5/12/2016) untuk mendafarkan ke pengadilan, tapi kemungkinan akan dilakukan pada Senin.

Aldwin belum menjelaskan secara pasti tentang poin-poin apa saja yang akan digugatkan dalam praperadilan tersebut. namun dirinya memastikan yang paling utama yang akan digugat yaitu tentang penetapan tersangka yang diberikan kepada kliennya, Buni. Dirinya juga mengucapkan :Ya penetapan tersangka, rabu nanti akan kita konpers dulu”.

Berita Terkini: Lawan Polda Metro Jaya, Buni Yani Akan Daftarkan Praperadilan Senin Depan !
Copyright©wartakota

Buni Yani telah ditetapkan sebagia tersangka dalam kasus penyebaran informasi yang mengandungf rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA sebegaimana telah di atur dalam pasal 28 ayat (2) UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dia dinilai telah menyebarkan informasi yang dapat menimbuklkan suatu kebencian atau permusuhan terhadap golongan atau kelompok atas SARA karena telah memposting kata-kata pada caption video Basuki T Purnama (Ahok) soal suat Al maidah ayat 51. Kasus tersebut telah dilaporkan oleh Andi Widodo tanggal 7 oktober 2016 lalu.

Saat ini polisi tidak melakukan penahan terhadap Buni Yani, tetapi polisi telah mengajukan surat permintaan cegah agar Buni tidak dapat bepergian ke liuar negeri selama 60 hari ke depan.

Terkait ini, salah satu anggota Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Habib Novel Bamukmin mengatakan bahwa pihaknya siap memberikan bantuan hukum terhadap Buni. Tidak hanya ACTA, beberapa lembaga bantuan hukum saat ini juga sudah siap merapat ke Gerakan nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF-MUI). Nantinya mereka akan bagi-bagi tugas.

Penetapan Buni sebagai tersangka ini dianggap tidak adil bagi kuasa hukumnya. Karena kliennya baru pertama kali menjalani pemeriksaan sebagai saksi terlapor dalam kasusnya saat ini. seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Buni dilaporkan oleh Komunitas Advokat Ahok-Djarot karena diduga memprovokasi masyarakat melalui potongan video pidato Ahok saat berada di Kepulauan Seribu.

Baca juga Berita Terkini: Polisi Dinilai Tebang Pilih Saat Tangani Kasus Buni Yani dan Ahok !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here