Berita Terkini: MUI Kaji Shalat Jumat di Jalan Saat Demo 2 Desember Nanti !

0
1249
Demo 2 Desember
Copyright©cdn

Berita Terkini: MUI Kaji Shalat Jumat di Jalan Saat Demo 2 Desember Nanti !

Indowarta.com– Majelis Ulama Indonesia atau MUI hingga saat ini masih mengkaji tentang aturan melaksanakan salah Jumat di Jalan. Hal ini berkaitan dengan adanya rencana yang menyebutkan akan melakukan aksi demontrasi pada tanggal 2 Desember nanti dengan salah satu agenda adalah Sholat Jumat di jalan protokol yakni di Jalan Sudirman dan juga Jalan MH Thamrin.

Ma’aruf Amin yang merukan ketua MUI telah mengatakan bahwa pihaknya hingga saat ini masih melihat perkembangan dari situasi terkini. Menurut Ma’ruf hingga saat ini tentang sholat Jumat di Jalan protokol ini hanya masih menjadi sebauh wacana saja.

Pada hari Senin 28 November 2016 Ma’aruf mengatakan “Iya tapi kan kita lihat perkembangannya. Kalau benar mau (salat) di jalan, kita keluarin (fatwa). Nah kalau memang perlu, besok kita keluarin”. Walaupun demikian, Ma’aruf sendiri juga mengaku bahwa MUI ini telah menunggu perkembangan dari situasi terkini dari pihak kepolisian. Polri sendiri sudah memberikan himbauan agar sholat jumat tidak dilakukan di jalan protokol karena akan bisa mengganggu ketertiban umum.

Demo 2 Desember
Copyright©cdn

Ma’aruf mengatakan “Kan belum jelas apa ada, apa ada yang Jumat di jalanan itu? Kan belum, belum pasti, kita pastikan dulu, ya kita pastikan dulu, nanti kalau ada kita keluarin. Kita nunggu polisilah”. Ma’aruf sendiri juga telah menegaskan bahwa Komisi Fatwa MUI pada nantinya tidak bisa diinervensi dalam pengeluaran Fatwa.  Hal ini harus murni dari komisi Fatwa.

Sementara itu ditemui dalam kesempata yang berbeda, Wakil Ketua MUI yakni Zainut Tauhid telah mengatakan bahwa hal ini masih dalam tahap kajian dari Komisi Fatwa MUI. Zainut mengatakan “Masih dikaji. Nanti saya cek lagi coba”.

Pada sebelumnya salah satu anggota dari GNPF MUI yang juga menjabat sebagai Sekjen FPI takni Novel Bamukmin beralasan bahwa kebebasan berekspresi dilindungi Undang-Undang dan meminta kepada polisi mengawal kegiatan mereka agar tertib. Namun apabila MUI mengeluarkan sebuah fatwa yang menyebutkan bahwa sholat Jumat pada aksi demo 2 Desember ini banyak mudharatnya, maka aksi ini urung dilakukan.

baca juga :

Berita Terkini: Begini Jawaban Kapolri Saat Diminta Untuk Bubarkan FPI !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here