Berita Terkini: MUI dan GNFP MUI Sepakat Lakukan Aksi 2 Desember Akan Digelar Di Monas!

0
1065
Berita Terkini: MUI dan GNFP MUI Sepakat Lakukan Aksi 2 Desember Akan Digelar Di Monas!
Copyright©Viva

MUI dan GNFP MUI Sepakat Lakukan Aksi 2 Desember Akan Digelar Di Monas!

Indowarta.com – Kapolri Jendral Tito karnavian kembali menemui tokoh-tokoh dari GNPF, terkait dengan rencana aksi demo 2 Desember mendatang di kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016). Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, bahwa kedatangan Tito tersebut untuk berkoordinasi mengenai aksi unjuk rasa yang akan digelar pada 2 Desember 2016 mendatang.

Boy mengatakan, bahwa polri berharap agar kegiatan tersebut nantinya dapat berlangsung dengan tertib dan bermanfaat bagi masyarakat. Jangan sampai aksi damai tersebut diwarnai dengan campur tangan orang lain yang ingin merusak situasi yang kondusif.

Boy juga mengatakan nanti antara bapak kapolri dan ulama-ulama dan juga MUI akan ada penyampaian pesan-pesan yang sangat penting untuk tanggal 2 . Rencananya Kapolri akan menggelar jumpa pers soal pertemuannya dengan MUI sekira pukul 13.30 WIB.

Berita Terkini: MUI dan GNFP MUI Sepakat Lakukan Aksi 2 Desember Akan Digelar Di Monas!
Copyright©monitorday

Aksi 2 Desember merupakan aksi lanjutan terkait dengan proses hukum terhadap Gubernur nonaktif DKI Jakarta Ahok. Tito sebelumnya sudah menemui Ketua Umum dari MUI Ma’ruf Amin beserta dengan jajarannya setelah aksi 4 November lalu.

Saat itu Tito mengaku kedatangannya untuk bersilahturahmi dengan para ulama. Belakangan ini diketahui bahwa Tito memastikan kepada MUI mengenai sikap mereka terhadap aksi yang dilakukannya tersebut. Ia menginginkan MUI tetap menjadi lembaga keagamaan yang netral tanpa memasuki ranah politik.

Saat ini Polri dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) yang dimipin oleh Rizieq Shihab menyepakati untuk aksi 2 Desember tidak digelar di sepanjang Jalan Semanggi hingga Istana Merdeka. Tito mengatakan dalam Konferensi Pers di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, “Alhamdulillah melalui berbagai dialog dengan teman-teman yang bergabung di GNPF, akhirnya dicapai kesepakatan yaitu terdapatr beberapa alternatif di Istiqlal dan Lapangan Monas.”

Namun dilihat dari aksi 4 November lalu, terjadi beberapa kendala seperti penyempitan beberapa ruang di Istiqlal dan berpotensi membahayakan para peserta aksi. Tito juga mengatakan kesepakatan dilaksanakan di Monas dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB dalam bentuk kegiatan keagamaan, dzikir, tausiah dan setelah itu di akhiri dengan shalat Jumat.

Tito berterima kasih dan mengapresiasi kesepakatan yang juga telah diterima oleh pihak GNPF. Karena hal itu tidak melanggar hukum dan ketertiban publik.

Baca juga Berita Terkini: MUI Kaji Shalat Jumat di Jalan Saat Demo 2 Desember Nanti !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here