iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Akhirnya Sudah Dapatkan Sertifikasi di Indonesia!

0
998
iPhone 7
Copyright©macrumors

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Akhirnya Sudah Dapatkan Sertifikasi di Indonesia!

Indowarta.com– Pintu masuk ke pasaran Indonesia bagi smartphone terbaru Apple, iPhone 7 dan juga iPhone 7 plus kini semakin menjadi terbuka. Balai Uji Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kini telah menerbitkan sertifikat lolos pengujian dari Kedua perangkat itu.

Berdasarkan dari situs Ditjen SDPPI pada hari Senin 28 November 2016, dua produk tersebut yakni iPhone 7 dan iPhone 7 Plus masing-masing ini dengan kode Apple A – 1788 dan juga Apple A – 1784 telah menunjukkan status “sertifikat dicetak” dengan update terakhir pada tanggal 25 November 2016.

Walaupun demikian, sepertinya masih membutuhkan waktu lagi sebelum kedua ponsel bisa resmi beredar di Indonesia. Hal ini karena iPhone 7 dan juga iPhone 7 plus masih terganjal aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri atau TKDN.

Dalam catatan masalah dua iPhone 7 ini telah tertulis di situs Ditjen SDPPI “Permohonan ada kekurangan TKDN. Hubungi Lt. 8 GSP”. Kementerian Perindustrian telah menentukan Kandungan kadar TKDN dalam sebauh ponsel. Kementerian Kominfo dan juga Ditjen SDPPI hanya bertugas untuk menguji dan juga mengeluarkan sertifikasi.

iPhone 7
Copyright©mirror

Terhitung mulai dari tanggal 1 Januari 2017 mendatang, vendor yang ingin memasarkan ponsel 4G di Indonesia harus memastikan produknya telah memenuhi tingkat TDKN sebesar 30 persen.

Tidak hanya iPhone 7 dan juga iPhone 7 Plus saja, situs Ditjen SDPPI ini juga mengungkapkan bahwa proses sertifikasi iPhone SE telah memperoleh tahap surat perintah pembayaran (SP2). Bila sudah mencapai status SP2 ini berarti bahwa perusahaan tinggal membayar administrasi dan menunggu penerbitan sertifikasi dari Ditjen SDPPI.

Namun untuk iPhone SE ini masih terganjal dengan masalah yang sama degnan iPhone 7 dan juga iPhone 7 SE yakni masih belum memperoleh sertifikat TKDN ditambah belum mendapatkan hasil uji EMC atau Electromagnetic Compability. Untuk memenuhi unsur persyaratan TKDN ini Apple kini telah  bersiap untuk membangun tiga pusar riset di Indonesia.

baca juga :

Berita Terkini: Ditangkap Dinsos, Pengemis Ini Punya Uang Cash 1 Juta Plus Samsung Galaxy Note 3 dan iPhone 5S Lho !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here