Fatwa MUI: Shalat Jumat Sah Diluar Masjid, Selama Berada Di Pemukiman !

0
1111
Shalat Jumat
Copyright©hidayatullah

Fatwa MUI: Shalat Jumat Sah Diluar Masjid, Selama Berada Di Pemukiman !

Indowarta.com– Majelis Ulama Indonesia atau MUI ini telah mengeluarkan sebuah fatwa yang terkait dengan shalat Jumat  di jalan. Menurut MUI, dalam kondisi tertentu shalat Jumat yang sah itu dilaksanakan di luar masjid selama berada di area pemukiman.

Pada hari Selasa 29 November 2016 wakil Ketua MUI Zainut Tauhid Sa’adi telah menyampaikan hasil putusan fatwa MUI. Fatwa MUI ini telah dihasilkan dalam Sidang Fatwa MUI yang digelar pada hari Senin 28 November 2016 kemarin.

Sidang Fatwa MUI ini telah menghasilkan “Fatwa Tentang Pelaksanaan Shalat Jumat dan Dzikir di Tempat Selain Masjid”. Berdasarkan hukum dalam poin keempat, selama berada di area pemukiman telah disebutkan dalam kondisi tertentu shalat Jumat sah dilakukan.

Bunyi dari ketentuan hukum poin ke empat dalam fatwa ini adalah sebagai berikut “Salat jumat dalam kondisi normal (halat al-ikhtiyar) dilaksanakan di dalam bangunan, khususnya masjid. Namun dalam kondisi tertentu, salat Jumat sah dilaksanakan di luar masjid selama berada di area permukiman”.

Shalat Jumat
Copyright©suara-islam

Lalu dalam hukum poin kedelapan fataw ini MUI telah menyebutkan bahwa fatwa MUI ini telah menyebutkan kegiatan keagamaan sedapat mungkin tidak mengganggu kemaslahatan umum. Dalam hal kegiatan keagamaan ini haru memanfaatkan fasilitas umum maka diperbolehkan dengan ketentuan :

a. Penyelenggara perlu berkoordinasi dengan aparat.
b. Dilakukan sesuai dengan kebutuhan.
c. Aparat wajib membantu proses pelaksanaannya agar tertib.

Hukumnya adalah haram apabila kegiatan keagamaan yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana yang telah diatur di dalam poin 8. Itu adalah bunyi dari ketentuan hukum poin kesembilan. Semenjak tanggal 28 November 2016 Fatwa MUI ini berlaku dengan ketentuan jika di kemudian hari ternyata dibutuhkan perbaikan, akan diperbaiki dan juga akan disempurnakan sebagaimana mestinya.

Sebelumnya GNPF MUI akan menggelar shalat Jumat di jalan protokol di Jakarta pada tanggal 2 Desember nanti. Namun karena dinilai akan menggangu ketertiban umum aksi tersebut telah mendapatkan laranngan dan akan dialihkan ke Monas berdasarkan kesepakatan yang telah dicapai oleh kedua pihak.

baca juga :

Begini Kronologi Kelompok Teroris Abu Nusaibah Menyusup dalam Gerakan Demo 4 November !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here