Harga Emas Hari Ini Tertekan Meskipun Dolar AS Melemah!

0
552
Harga emas hari ini

Harga Emas Hari Ini Tertekan Meskipun Dolar AS Melemah!

Indowarta.comHarga emas hari ini tertekan pada penutupan perdagangan hari Selasa atau Rabu pagi pada waktu Jakarta. Faktor yang menyebabkan penurunan harga ini disinyalir karena Bank Sentral Amerika Serikat (AS) yang menaikkan suku bunga acuan kini menjadi semakin  besar.

Pada hari Rabu 30 November 2016 harga emas untuk pengiriman bulan Februari telah ditutup pada level 0,3 persen ke angka USD 1.190,80 per troy ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchage. Lalu pada awal sesi perdagangan ini harga emas sempat mengalami tekanan hingga ke level USD 1.182,60 per troy ounce.

Penurunan harga emas ini telah terjadi pada saat nilai tukar dari dolar AS mengalami pelemahan. Salah satu index yakni Wall Street Journla Index yang merupakan sebuah indeks nilai tukar dolar AS dengan beberapa mata uang utama dunia lainnya juga mengalami penurunan sebesar 0,1 persen menjadi 91,39.

Meskipun dolar AS mengalami pelemahan, harga emas ini tetap mengalami tekanan pada perdagangan kali ini. Hal tersebut terjadi karena adanya sentimen lain yang lebih kuat.

harga emas hari ini

Sementara itu ekpektasi tentang kenaikan suku bunga ini terus menguat seiring dengan perbaikan ekonom Amerika Serikat. Pada akhir tahun ini, kemungkinan besar Bank Sentral AS akan menaikkan suku bunga acuannya.

Kepala Riset Komoditas TD Securities yakni Bart Melek mengatakan bahwa kinerja dari emas ini akan sangat tergantung kepada bagiaman kebijakan yang akan dibuat oleh The Federal Reserve (The Fed) pada pertemuan bulan datang.

Selain itu apabila dilihat dari tanda-tanda yang ada, prospek kenaikan dari harga emas ini akan sangat sulit untuk dilihat karena  tertekan kenaikan suku bunga yang menjadi semakin besar. Sepanjang bulang ini, harga emas masih terus mengalami penekanan. Sejak awal bulan November ini penurunan harga logam mulia ini hampur mencapai sebesar 7 persen. Hal ini bisa terjadi karena kenaikan dolar AS, memudarnya ketidakpastian politik di AS. Selain itu juga karena disebabkan oleh permintaan investor akan instrumen safe haven.

baca juga :

Berita Terkini: KPU Umumkan Harta Kekayaan Cagub-Cawagub Pilkada DKI , Ini Nominalnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here