Berita Terkini: Demo Untuk Dukungan Referandum Papua Akan Digelar 1 Desember Besok

0
3182
Berita Terkini: Demo Untuk Dukungan Referandum Papua Akan Digelar 1 Desember Besok!
Copyright ©CNN indonesia

Demo Untuk Dukungan Referandum Papua Akan Digelar 1 Desember Besok!

Indowarta.com – Front Rakyat Indonesia (FRI) untuk Papua Barat rencananya akan menggelar aksi demonstrasi menuntut referandum bagi papua pada 1 Desember 2016. Unjuk rasa itu akan digelar di bundaran Hotel Indonesia. Dari Bundaran HI mereka kemudian akan long march menuju Istana Negara.

Juru bicara dari FRI Surya Anta mengatakan, pihaknya kan turun aksi di Jakarta dengan beberapa daerah lainnya. FRI sendiri merupakan organisasi yang terdiri dari sejumlah kelompok masyarakat Parta Pembebasan Rakyat, Pusat Perjuangan Rakyat Indonesia, PEMBEBASAN, Serikat Kebudayaan Masyarakat Indonesia, Lingkar Studi Sosialis, serta Perkumpulan Solidaritas Net.

Meskipun mendukung penentuan nasib sendiri warga Papua, tetapi belum dipastikan ada warga Papua yang akan mengikuti aksi. Surya juga mengatakan, dukungan untuk Papua diberikan karena selama ini masih terjadi penjajahan di wilayah itu. Bentuk dari penjajahan itu salah satunya adalah diskriminasi dan kekerasan terhadap masyarakat Papua. Surya menampik jika dalam aksi 1 Desember itu ada kepentingan asing dalam solidaritas mereka untuk referandum Papua.

Berita Terkini: Demo Untuk Dukungan Referandum Papua Akan Digelar 1 Desember Besok!
Copyright ©Viva

Dalam aksi 1 Desember nanti, akan disampaikan beberapa tuntutan. Selain dukungan terhadap referandum Papua, mereka juga mendukung keanggotaan United Linberation Movement fof West Papua (ULMWP) di Melanesia Spearhed Group, Pacific Island Forum serta memperjuangkan keanggotaan ULMWP di PBB.

Selain itu FRI juga mendesak militer ditarik dari Papua agar referandum berjalan dengan damai, adil, serta tanpa tekanan. Hal itu juga supaya masyarakat mendapatkak kebebasan informasi, ekspresi dan berorganisasi.

FRI juga akan menyerukan kepada dunia internasional untuk membangun kosilidasi solidaritas perjuangan hak yang menentukan nasib tersendiri bagi Papua Barat. Surya mengatakan pihaknya juga memperjuangkan pendidikan gratis untuk masyarakat, perluasan sekolah dan universitas, kesehatan yang gratis serta transportasi murah.

Tanggal 1 Desember selama ini dikenal sebagai Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang dianggap istimewa bagi sebagian kelompok di Papua karena dinilai sebagai hari kemerdekaan. Setiap tahunnya pada tanggal itu petugas keamanan akanmemperketat pengawasan di wilayah Papua karena kerap ada pengibaran bendera bintang kejora, symbol kemerdekaan di Papua.

Baca Juga Berita Terkini: Berkas Kasus Ahok Sudah lengkap, Akan Segera Diadili?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here