Berita Terkini: Sidang Kasus Ahok Akan Digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara!

0
887
Ahok
Copyright©szaktudas

Sidang Kasus Ahok Akan Digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara!

Indowarta.com – Kejaksaan Agung telah menyatakan, bekas perkara kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah dinyatakan lengkap atau P21. Selanjutnya Ahok akan disidang di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Tim jaksa peneliti telah menganggap berkas perkara Ahok sudah lengkap secara materiil dan formal. Noor Rachmad selaku Jaksa Agung Muda Tindakan Pidana Umum Kejagung mengatakan, saat ini kejaksaan tinggal menunggu penyidik dari Bareskrim Polri untuk melimpahkan barang bukti tersangka.

Namun, tanggal persidangan Ahok hingga saat ini masih belum ditentukan. Noor juga mengatakan kalu barang bukti dan tersangka sudah diserahkan, maka akan segera dibuat surat dakwaan dan selanjutnya dibawa ke pengadialan.

WAJIB BACA :  Pujian Kepada Ahok yang Mengalir Saat Peresmian Simpang Susun Semanggi!
Berita Terkini: Berkas Sudah lengkap, Ahok Siap Buktikan Di Pengadilan!
Copyright ©Tribunnews

Dirinya juga mengapresiasi penyidik atas ketelitiannya dalam menyusun berkas perkara sehingga tidak perlu bolak-balik untuk melengkapi kekurangannya. Namun, saat disinggung apakah penahanan nantinya akan langsung dilakukan terhadap ahok, Noor enggan untuk menjawabnya.

Dirinnya tidak bicara ke depan soal itu. Pihaknya hanya sampaikan soal P21. Ahok telah dinyatakan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama pada Rabu (16/11/2016). Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut dua itu dijerat Pasal 156 a KUHP dalam kasus penistaan agama.

Kasus Ahok ini akan disidang di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, karena kejadiannya di Pulau Seribu. Dugaan peristiwa pidana itu terjadi sekitar akhir September 2016 lalu. Saat itu Ahok tengah berpidato dihadapan warga Kepulauan Seribu. Dalam bagian pidatonya, dia menyinggung tentang ayat Al-Qur’an Surat Al Maidah 51.

WAJIB BACA :  Pujian Jokowi Untuk Ahok Saat Meresmikan Simpang Susun Semanggi!

Lengkapnya berkas perkara kasus Ahok telah diumumkan. Menurutnya ada 13 jaksapeneliti yang bekerja siang malam untuk menyelesaikan berkas tersebut. mereka sebelumnya hanya diberikan waktu 14 hari kerja. Namun mereka dapat menyelesaikannya dalamwaktu kurang dari 14 hari.

Pihak Pengadilan Negeri Jakarta Utara juga menyatakan tidak ada persiapan yang khusus terkait dengan rencana disidangnya Ahok. Pihaknya juga sedia menyiapkan hakim untuk menyidang Ahok.

Terkait berkas perkara kasus Ahok yang dinyatakan sudah lengkap oleh Kejagung, namun berkas tersebut belum dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara. Selain itu,, jika calon gubernur nomor urut dua itu di sidang di PN Jakarta Utara maka persidangan kandilakukan di Kantor PN Jakarta Utara yang digunakan sementara yang berada di Jakarta Pusat.

Baca Juga Berita Terkini: Berkas Kasus Ahok Sudah lengkap, Akan Segera Diadili?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here