Mengungkap Sejarah Dan Fakta Menarik Lahirnya Hari Aids Sedunia 1 Desember 2016!

    0
    1156
    Mengungkap Sejarah Dan Fakta Menarik Lahirnya Hari Aids Sedunia 1 Desember 2016!
    Copyright ©indoberita

    Mengungkap Sejarah Dan Fakta Menarik Lahirnya Hari Aids Sedunia 1 Desember 2016!

    Indowarta.com – Setiap tanggal 1 Desember merupakan waktu di mana hari AIDS sedunia diperingati setiap tahunnya. Tujuannya yaitu untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

    Tidak hanya itu, peringatan hari AIDS sedunia juga merupakan bukti solidaritas Internasional. Baik bagi mereka yang mengidapnya maupun yang meninggal karena berjuang untuk melawan HIV. Diselenggarakan oleh WHO, peringatan ini menjadi salah satu kampanye kesehatan public yang bersifat global pertama di dunia.

    Pada tahun ini, kegiatan yang telah dilakukan sejak tahun 1988 tersebut mengusung tema “Getting to zero; end Aids by 2030”.sedangkan untuk tema federalnya, “the time to act is now”. Kedua tema tersebut tentu mengandung unsur pembebasan dari wabah AIDS secara global dalam kurun waktu yang telah ditargetkan. Terkait dengan hari AIDS sedunia, berikut ini bebrapa fakta uniknya.

    Mengungkap Sejarah Dan Fakta Menarik Lahirnya Hari Aids Sedunia 1 Desember 2016!
    Copyright ©PGI

    Konsep ini digagas pada tahun 1988 dalam Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai program-program pencegahan AIDS. Sejak saat itulah, mulai diperingati oleh pemerintah, organisasi internasional serta yayasan amal di seluruh dunia.

    Penyakit AIDS disebabkan oleh infeksi virus HIV yang sebenarnya telah dikenal oleh publik sejak Tahun 1981. Saat itu, walaupunasal-usul HIV berasal dari Afrika, Amrika Serikatlah yang pertama kali menyadarkan publik soal penyakit baru yang menyerang system kekebalan tubuh pada si penderita. Penyebarannyapun sangat cepat. Namun peringatan ini baru dikampanyekan mulai Tahun 1988.

    Ide tersebut pertama kali dicestukan oleh James W. Bunn dan Thomas Netter pada Agustus 1987. Dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di sebuah organisasi dunia di Jenawa, Swiss. Mereka berdua menyampaikan idenya kepada Dr. Jonatan mann selaku Direktur Program AIDS Global yang saat ini lebih dikenal sebagai UNAIDS. Dirinya menyukai konsep yang telah diberikan bunn dan Netter. lalu menyetujuinya dan sepakat dengan rekomendasi bahwa peringatan hari AIDS sedunia kan diselenggarakan 1 Desember 1988.

    Bunn menyarankan tanggal 1 Desember untuk memastikan liputan oleh media barat, sesuatu yang dirasa sangat penting untuk memperingati hari itu. Ia merasa tahun 1988 adalah tahun pemilihan umum di AS. Penerbitan media nantinya akan kelelahan dengan liputan pasca pemilu dan mereka bersemangat untuk mencari berita baru untuk mereka liput. 1 Desember dirasa bahwa cukup lama setelah pemilu dan cukup dengan libur natal. Sehinggaa pada dasarnya tanggal itu adalah tanggal mati dalam kalender berita dan dengan demikian itu waktu yang tepat untuk hari AIDS sedunia.

    Semenjak itu tanggal 1 Desember dikampanyekan sebagai hari AIDS sedunia. Tahun 1996, Program Bersama PBB untuk UNAIDS melai bekerja dan mengambil alih perencanaan dan promosi untuk hari itu. Badan baru ini tidak hanya memusatkan perhatian pada satu hari saja tapi juga menciptakan kampanye AIDS sedunia pada 1997 untuk melakukan komunikasi, pencegahan dan pendidikan sepanjang tahun. Sejak dibentuk hingga 2004, UNAIDS memimpin kampanye tersebut. dengan memilih tema-tema tahunan melalui konsultasi dengan organisasi-organisasi kesehatan global lainnya, tahun 2004, kampanye AIDS sedunia menjadi organisasi Independen.

    Lebih dari 35 juta orang di seluruh dunia terinfeksi virus HIV. Ilmu medis telah melalui perjalanan yang panjang sejak status HIV positif maka akan divonis hukuman mati. Sekarang ini, mereka yang hidup dengan HIV mengkonsumsi obat antiretroviral, nantinya jumlah virus yang ada dalam darah mereka akan sangat sedikit sehingga mustahil menularkannya pada orang lain. Selain itu, sebuah pil baru dapat mencegah non-ODHA untuk terinfeksi.

    Untuk mewujugdkan dunia bebas AIDS butuh kerja nkeras, lebih banyak uang, dukungan politik, upaya dari para dokter, dan pihak lainnya untuk mewujudkannya. Kesadaran dari diri kita masing-masing untuk menjaga lingkungan serta menjalankan pola hidup sehat. Hindari pergaulan bebas juga penggunaan narkoba. Sebab itu salah satu pemicu terbesar terkena AIDS.

    Baca Juga Resmi, Sekarang Nonton Film Di Netflix Tanpa Harus Konek Dengan Internet Lho, Begini Caranya !

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here