Berita Terkini: Kejagung Tak Tahan Ahok, Inilah 4 Alasannya!

0
7035
Berita Terkini: Sidang Kasus Ahok Tetap Di PN Jakpus, Pengunjung Diminta Tertib !
Copyright ©Bisnis

Kejagung Tak Tahan Ahok, Inilah 4 Alasannya!

Indowarta.com – Jaksa Agung Muda Pidana Umum Kejaksaan Agung (Kejagung) saat ini telah menerima limpahan berkas perkara tahap dua dari Bareskrim Mabes Polri. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), tersangka kasus dugaan penistaan agama serta barang buktinya juga di serahkan ke Kejagung.

Ahok tiba di Kejagung sekitar pukul 09.57 WIB, Kamis (1/12/2016).Calon Gubernur nomor urut dua itu tiba bersama dengan penyidik Bareskrim Polri yang dipimpin langsung oleh Direktur Tindak Pidana Umum Brigjen Pol Agus Andrianto.

Akan tetapi, Ahok tidak ditahan di Kejagung. Kepala Pusat Penerangan Umum Kejagung Muhammad Rum mengatakan alasan Calon Gubernur DKI nomor urut 2 itu tidak ditahan.

Berita Terkini: Kejagung Tak Tahan Ahok, Inilah 4 Alasannya!
Copyright ©Arah

Pertama, Kejagung memiliki SOP, Jika penyidik dari Bareskrim Polri tidak menahan Ahok, maka pihak jaksa juga akan melakukan hal yang sama.

Kedua, tim peneliti yang berjumlah 13 jaksa itu telah menilai penahanan Ahok bukan merupakan suatu keharusan.

Ketiga, Ahok sebagai tersangka sangat kooperatif menjalani proses hukum.

Keempat, materi dakwaan Ahok akan disususn secara alternatif.

Rum menjelaskan, pertama pasal 156a dan Pasal 156 ataupun sebaliknya. Dakwaan secara alternatif pihaknya tidak mengetahui mana yang terpenting. Dakwaan tersebut akan disusun secara alternative 156 yang ancaman 4 tahun atau 156a yang ancaman 5 tahun.

Ia juga mengungkapkan, dari awal pihaknya mendengar respon yang disampaikan oleh asyarakat. Bahkan sejak Kejaksaan menerima Surat Perintah Dimulainya Penyidikan dari Polri, pihaknya juga membentuk tim yang memberikan supervisi terhadap kasus itu.

Begitupun dengan pelimpahan berkas tahap pertama, pihak dari kejaksaan langsung membentuk tim yang berisikan 13 jaksa peneliti.

Dalam pelimpahan tahap itu, Kejagung menerima berkas setebal 826 halaman, 30 orang saksi, 11 ahli dan 1 tersangka. Setelah penerimaan itu, tersangka yang turut hadir dalam pelimpahan tahap II itu langsung meninggalkan gedung Kejagung.

Sebelumnya Kadiv Humas Mabes polri Irjen Boy rafli Amar sudah mengatakan, bahwa dalam pelimpahan tahap II ini pihak Bareskrim tidak akan menahan tersangaka. Ahok akan dipanggil menghadap ke Bareskrim lalu selanjutnuya menjalani pemeriksaan kesehatan. Apabila sehat, selanjutnya kasus tersebut akan dilimpahkan ke Kejaksaan.

Baca Juga Berita Terkini: Ahok Akan Tiba di Bareskrim Pagi Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here