Berita Terkini: FB Kena Incaran Dirjen Pajak!

0
1317
Berita Terkini: FB Kena Incaran Dirjen Pajak!
Copyright ©Lintas

FB Kena Incaran Dirjen Pajak!

Indowarta.com – Saat ini pemerintah menunjukkan kesungguahannya untuk mengejar tunjangan pajak perusahaan over the top (OTT)yang telah mengambil keuntungan dari Indonesia. meskipun kesepakatan dengan Google Indonesia belum terjadi. Saat ini Direktorat Jendral Pajak (DPJ) mengincar Facebook.

Langkah pemerintah untuk mengejar pajak FB kemungkinan akan sedikit lebih sulit. Sebab, berbeda dengan Google yang memiliki kantor di Indonesia, sedangkan Facebook tidak memilikinya. Namun, meskipun tidak memiliki kantor di Indonesia, DJP yakin Facebook memiliki server di Indonesia dan itu bisa dikenai pajak. Karena saat buka Facebook itu sangat kencang.

DJP juga telah mengirimkan surat pemanggilan kepada kantor pusat data Facebook yang berada di Irlandia. Rencananya pemanggilan akan dilakukan akhir tahun ini.

WAJIB BACA :  Saat FB Berubah Tampilan!
Berita Terkini: FB Kena Incaran Dirjen Pajak!
Copyright ©Beritagar

Facebook sendiri diprediksi memiliki penghasilan kurang lebih sekitar USD160juta, atau sekitar dari 20 persen dari total penghasilan OOT di Indonesia yang berjumlah USD840juta.. hutang pajak FB di Indonesia menurut Haniv selaku Kepala DJP Jakarta Khusus diperkirakan mencapai antara Rp 2 triliun hingga Rp 3 triliun, termasuk dengan denda terlambatan membayar pajak.

Di Indonesia Facebook hanya memiliki kantor perwakilan kecil yang telah berdiri sejak tahun 2004. Kantor perwakilan itu berlokasi di kawasan Mal Pacific Place, Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan.

Kantor perwakilan tersebut sudah terdaftar di KPP badan dan Orang Asing sejak 10 Februari 2014. NPWP FB terdaftar atas nama Facebook Singapore PTE Ltd. Haniv juga mengatakan, penarikan pajak terhadap perusahaan OTT juga memerlukan peranan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kemkominfo memiliki data menegnai kecepatan, frekuensui, data, serta pemanfaatan internet.

WAJIB BACA :  Video Clickbait di FB Akan Dihalangi Peredaranya!

Haniv juga melakukan keja sama dengan Direktorat Perpajakan internasional untuk memberikan surat kepada Dirjen Pajak Irlandia agar menegur Facebook karena tidak membayar pajak di Indonesia. AS akan malu bahwa ada perusahaan yang berasal dari negaranya tidak membayar pajak di negara lain.

Seperti Pasal 2 ayat 5 UU PPh, BUT atau permanent Estabilishment (PE) adalah bentuk usaha yang dipergunakan oleh orang pribadi yang tidak bertempat tinggal di Indionesia atau berada di Indonesia lebih dari 183 hari dalam jangka waktu 12 bulan atau badan yang tidak didirikan dan tidak berkedudukan di Indonesia.

BUT bisa berupa tempat kedudukan manajemen, cabang perusahaan, kantor perwakilan, hingga pemberian jasa dalam bentuk apapun oleh p0egawai sepanjang dilakukan lebih dari 60 hari dalam jangka waktu 12 bulan.

WAJIB BACA :  Heboh, , Berani Beraninya Akun FB Ini Hina Jokowi dan Tantang Polisi!

Dalam hal penarikan pajak pada Google, negosiasi dari kedua pihak ditargetkan akan selesai pada akhir tahun ini. DJP telah sepakat untuk memberikan kelonggaran dengan menggunakan skema settlement yang perhitungannya berbeda dari pemeriksaan biasanya.

Baca Juga Berita Terkini: BPJS Kesehatan Turunkan Lebih Dari 1020 Kader JKN Ke Lapangan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here