Berita Terkini: Israel Butuh Waktu Sampai 30 Tahun Untuk Pulih Pasca kebakaran Hebat Kemarin?

0
11385
kebakaran Israel
Copyright©republika

Israel Butuh Waktu Sampai 30 Tahun Untuk Pulih Pasca kebakaran Hebat Kemarin?

Indowarta.com – Kebakaran hebat yang melanda kawasan Israel tidak bisa dipandang enteng. Apalagi para ahli memprediksi akan terjadi insiden serupa di masa yang akan datang. Namun kebakaran yang terjadi hampir sepekan lalu itu mebuat para ahli memperirakan perlu waktu yang cukup lama bagi Israel untuk kembali pulih.

Kemampuan lam untuk kembali seperti sedia kala membutuhkan waktu selama 30 tahun. Sementara ratusan rumah di Haifa dan sebagian Yerusalem rusak bahkan mengalami kehancuran, begitupun dengan cagar alam.

Estimasi awal kerusakan hutan mecapai 14.000hektar serta banyak hewan liar yang mati. Seperti yang disampaikan oleh Uri Naveh, kepala konservasi alam Authority Jerusalem District. Hal ini belum berakhir, karena angin di Bukit Yudas tidak sama dengan di Tel Aviv. Ini lebih kencang.

Berita Terkini: Israel Butuh Waktu Sampai 30 Tahun Untuk Pulih Pasca kebakaran Hebat Kemarin?
Copyright© beritabulukumba

Mara bahaya saat ini belum berakhir. Sekarang, pihaknya masih menunggu apakah api akan semakin membesar dan tidak terkendali atau tidak. Neveh menjelaskan bahwa situasi seperti ini begitu genting, angina yang tidak menentu mampu menyambar wilayah yang sebelumnya tidak terbakar menjadi hangus dan menjalar ke wilayah lainnya.

Dirinya mencohtohkan, satu taman nasional, Cafira di Perbukitan Yerusalem adalah salah satu area yang terbakar 100%. Padahal kawasan tersebut merupakan kawasan konservasi terpenting. Terdapat banyak satwa liar seperti rusa, rubah dan hyena. Proses rehabilitasi taman nasional itu akan memerlukan waktu yang cukup lama selama bertahun-tahun bajuga bisa berpuluh-puluh tahun. Kurang lebih bisa mencapai 30 tahun.

Hal itu bukan tanpa sebab, pengalaman kebakaran Israel yang  terjadi di Bukit Carmel tahun 2010 yang sampai saat ini belum pulih benar.

Kebakaran Israel ini mengharuskan 80.000 warga Israel mengungsi akibat kebakaran lahan. Kebakaran hebat itu diduga karena akibat rokok. Kemungkinan ada seseorang yang membuang punting rokok yang masih menyala ke tumpukan minyak atau cairan yang lainnya yang mudah terbakar. Akibatnya, api mudah membesar dan membakar rumah-rumah warga, serta pohon yang berada di dekatnya.

Selain faktor cuaca, rokok, ada dugaan lain yang mengakibatkan kebakaran Israel terjadi karena faktor kesengajaan. Kebakaran itu membuat para warga yang panik untuk menyerbu pusat perbelanjaan untuk membeli sejumlah barang kebutuhan sehari-hari. sementara itu sekolah, taman kanak-kanak, serta rumah sakit untuk para orang tua dikosongkan. Hingga saat ini tercatat ada 130 orang dilarikan ke rumah saki karena mengalami cidera ringan.

Baca Juga Berita Terkini: Bantuan Palestina Dalam Kebakaran Israel Kurang Diberi Apresiasi?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here