Berita Terkini: Begini Cara Ampuh, Ketahui Taksi Online Siluman!

0
753
Taksi Online
Copyright©kompasiana

Berita Terkini: Begini Cara Ampuh, Ketahui Taksi Online Siluman!

Indowarta.com– Perkembangan alat transportasi umum berbasis aplikasi atau taksi online di Indonesia kini bisa dibilang cukup pesat. Namun ada satu hal yang sangat disayangkan yakni mulai munculnya taksi siluman atau yang tidak memiliki ijin.

Ketua Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan (Organda) DKI Jakarta yakni Shafruhan Sinungan mengatakan bahwa jumlah dari taksi siluman ini bahkan melebihi  yang ilegal dari pada yang resmi. Dirinya memberikan saran kepada masyarakat agar lebih berhati-hati lagi memilih taksi.

Shafruhan mengatakan “kita kalau mau tahu taksi itu siluman atau tidak gampang. Setelah kita pesan melalui aplikasi, tanyakan saja langsung ke sopir izn operasionalnya”. Shafruhan menjelaskan bahwa jika gerak gerik dari sopir tersebut mencurigakan atau mengeluarkan alasan, bisa jadi taksi tersebut tidak mempunyai ijin alias ilegal. hal yang seperti ini harus segera ditindak dan segera di tutup.

Shafruhan mengatakan bahwa surat ijin ini wajin dimiliki. Namun untuk KIR atau uji kendaraan ini boleh tidak ditempel. Walau begitu buku KIR harus tetap dibawa di dalam. Jadi tidak ada alasan lagi. Kalau memang itu taksi resmi, pasti tanpa kepanikan si sopir akan segera menunjukkan surat izin beroperasinya.

Taksi Online
Copyright©kompasiana

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melihat kapasitas dari mesin taksi tersebut. jika memiliki mesin 1.000 cc atau 1.200 cc, itu tidak diperbolehkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan sudah dipastikan bahwa taksi tersebut ilegal.

Shafruhan mengatakan “kalau tidak, langsung saja tanyakan ke sopnya ini resmi atau tidak. Itu berdasarakn pengalaman saya, karena tugas saya juga ikut menangkap taksi siluman itu”. Pemerintah dalam hal ini adalah Kemenkominfo dan juga Kementerian perhubungan ini masih belum mengambil langkah untuk menutup aplikasi yang tidak resmi itu.

Dampak munculnya aplikasi ilegal ini cukup besar yakni bisa menyebabkan pengguran karna sopir taksi resmi kehilangan sewa penumpang. Berdasarkan dari Peraturan Menteri Perhubungan No.32 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum tidak dalam trayek taski online atau angkutan berbasis aplikasi wajib mendaftarkan diri dan nama STNK harus berbadan hukum atau sesuai dengan UU No.22 tahun 2009, Pasal 139 ayat 4.

baca juga :

Resmi, Sekarang Nonton Film Di Netflix Tanpa Harus Konek Dengan Internet Lho, Begini Caranya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here