Berita terkini: Cara Shalat Gerhana Matahari Lengkap Berdasarkan Ajaran Rasulullah !!

0
5928
Berita terkini: Cara Shalat Gerhana Matahari Lengkap Berdasarkan Ajaran Rasulullah !!

Berita terkini: Cara Shalat Gerhana Matahari Lengkap Berdasarkan Ajaran Rasulullah !!

Indowarta.com – Pada zaman Rasulullah SAW, dahulu pernah terjadi sebuah kejadian Gerhana Matahari yaitu pada saat hari waftanya Ibrahim, yakni putra dari Rasulullah SAW. Pada saat itu, terjadinya sebuah gerhana disebabkan atau sebagai tanda karena kematian seseorang, namun saat itu Rasulullah SAW telah bersabda : “sesungguhnya matahari dan juga bulan merupakan sebuah tanda akan kekuasaan Allah, keduanya menjadi gerhana tidak dikarenakan kematian maupun kehidupan seseorang”.

Dalam waktu dekta ini, negara kita Indonesia akan mengalami fenomena Gerhana Matahari Total tepatnya pada tanggal 9 Maret nanti, nah seperti ajaran yang telah disebarkan oleh Rasulullah SWT sejak zaman dahulu, maka ketika terjadi Gerhana maka seluruh umat Islam dianjurkan untuk menjalankan Shalat Gerhana Matahari.

WAJIB BACA :  Begini Gaya Ivanka Trump Saat Saksikan Gerhana Matahari Total!

Berita terkini: Cara Shalat Gerhana Matahari Lengkap Berdasarkan Ajaran Rasulullah !!

Untuk menjalankan Shalat Gerhana Matahari atau bisa disebut sebagai Sholat Kusuf, ini berbeda dengan sholat sunah pada umumnya. Banyak para ulama yang memiliki pendapat masing-masing mengenai tata cara Shalat Gerhana Matahari ini, namun pastinya semua hampir sama yakni dikerjakan selama dua rokaat.

Untuk lebih ringkasnya, untuk anda yang nanti ingin menjalankan Shalat Gerhana Matahari, maka bisa menyimak tata caranya berkut ini :

  • Bertakbir, membaca do’a iftitah, isti’adzah, al -fatihah, lalu selanjutnya membaca surat yang panjang, seperti surat Al-Baqarah.
  • Setelah itu melakukan ruku’ dengan bacaan yang sama seperti sholat pada umumnya (disunahkan untuk dipanjangkan bacaannya)
  • Nah setelah bangkit dari ruku’ dan membaca bacaanya, anda tidak boleh langsung melakukan sujud, harus membaca surat Al-Fatihah dan membaca salah satu surat dari Al-Qur’an namun tidak perlu panjang seperti bacaan pertama.
  • Kemudian melakukan ruku’ kembali (disunahkan untuk dipanjangkan bacaannya)
  • Setelah itu bangkit dari ruku’ sambil membaca bacaannya
  • Lalu silahkan melakukan sujud, lalu duduk diantara dua sujud, kemudian melakukan sujud kembali
  • Lalu berdiri ke rokaat kedua, dan untuk caranya seperti pada rokaat pertama tadi.
WAJIB BACA :  Gerhana Matahari Total Gelap Gulitakan Langit Amerika!

Untuk menjalankan Shalat Gerhana Matahari telah disunahkan oleh Rasulullah SAW untuk menjalankannya di Masjid dan secara berjamaah, dalam menjalakannya pun tidak ada Adzan maupun istiqomah sebelumnya, namun hanya panggilan “Ash-Shalatul Jami’ah” begitu saja.

Baca juga : Gerhana Matahari Total Berdampak Pada Perubahan Arah ANgin dan Medan Magnet !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here