Berita Terkini: Percepatan Kasus Ahok Dipenuhi dengan Nuansa Politis yang Kental?

0
1165
Kasus Ahok

Berita Terkini: Percepatan Kasus Ahok Dipenuhi dengan Nuansa Politis yang Kental?

Indowarta.com– Advokat Otto Hasibuan menilai bahwa proses hukum terhadap kasus dugaan penistaan agama yang menyeret nama Gubernur DKI Jakarta Nonaktif yakni Basuki Tjahaja Purnama atau yang sering disapa dengan nama Ahok ini telah berlangsung dengan sangat cepat. Mulai dari penyelidikan, penyidikan hingga ke pelimpahan berkas penyidikan ke kejaksaan.

Pada hari Senin 5 Desember 2016 Otto menyebutkan bahwa meski tidak ada yang salah, percepatan dari proses hukum kasus dugaan penistaan agar ini tidak pernah terjadi sebelumnya. hal ini tidak biasa. Nuansa poltik dalah Kasus Ahok ini yang sangat kental memang sudah tidak bisa dihindari lagi.

Kemudian pada pekan lalu Kejaksaan Agung telah menyebutkan bahwa berkas perkara dari kasus yang menimpa Ahok ini sudah dinyatakan P21 atau sudah lengkap. Hal ini berarti bahwa jajaran umum kejaksaan telah menyatakan berkas perkara yang disidik oleh Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia ini telah memenuhi syarat untuk dibawa ke pengadilan.

Ahok
Copyright©merdeka

Otto mengatakan bahwa proses pesidangan ini harus berjalan tanpa adanya intervensi. Putusna yang dibuat oleh hakim ini harus seadil-adilnya yang mencerminkan perwakilan Tuhan di bumi. Dirinya masih merasa yakin bahwa lembaga peradilan ini masih menjadi rumah yang aman bagi para pencari keadilan walaupun pengadilan terkadang menjadi palu godam dalaml beberapa kasus.

Otto menilai bahwa tudingan atas penistaan agama yang telah ditujukan untuk Ahoko ini tidak bisa dinilai dari kata per kata saja. Namun hal ini harus dilihat secara utuh. Otto mengatakan bahwa dalam Kasus Ahok ini dirinya tidak mempunyai bukti materi dan juga tidak mempelajari langsung bukti tersebut apakah telah memenuhi unsur penistaan agama ataupun tidak. Hanya Majelis hakim di pengadilan yang menilai.

Kasus dugaan penistaan agama yang menyeret nama Ahok ini akan disidangkan pada hari Kamis besok 8 Desember 2016. Dakwaan sudah disiapkan oleh 13 jaksa yang terdiri dari 8 jaksa dari Kejaksaan Agung dan juga 5 jaksa yang berasal dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

baca juga :

Berita Terkini: Kejagung Tak Tahan Ahok, Inilah 4 Alasannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here