Berita Terkini: Gempa 6,4 SR Goyang Aceh, Beberapa Bangunan Dibuat Roboh Oleh Goncangan Tersebut !

0
864
Gempa
Copyright©Republika

Gempa 6,4 SR Goyang Aceh, Beberapa Bangunan Dibuat Roboh Oleh Goncangan Tersebut !

Indowarta.comGempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Akibat bencana tersebut sejumlah bangunan yang berada di lokasi roboh. Hal tersebut disampaikan oleh kontributor pasangmata.com, Supriyadi, Rabu (7/12/2016). Dirinya mengatakan ada sejumlah bangunan permanen yang roboh.

Gempa dengan getaran yang cukup kuat tersebut dirasakan oleh masyarakat wilayah Banda Aceh dan juga sekitarnya, sekira pukul 05.00 WIB. getaran tersebut dirasakan oleh masyarakat hampir satu menit. Namun belum diketahui apakah ada kerusakan atau korban jiwa akibat musibah ini.

Kejadian itu terjadi beberapa menit menjelang azan Subuh, sehingga membuat warga berhamburan keluar rumah untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan terjadi. Menurut pengamatan di Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, banyakmasyarakat pesisir yang waswas akan terjadinya tsunami dari gempa tersebut.

Berita Terkini: Gempa 6,4 SR Goyang Aceh, Beberapa Bangunan Dibuat Roboh Oleh Goncangan Tersebut !
Copyright ©Okezone

Sejumlah warga juga hendak ada yang mengevakuasi dirinya untuk menjauh dari pantai. Akan tetapi, mereka menunggu informasi yang resmi. Seperti yang disampaikan oleh Nurfida, warga setempat, pihaknya hendak evakuasi, tetapi masih menunggu informasi. Gempanya terasa kuat. Bahkan rumah sempat bergetas, terasa seperti pada akhir tahun 2004 silam.

Menurut informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengatakan gempa itu berkekuatan 6,4 SR dan terjadi pada kedalam 10 kilometer dan berada di 5,19 lintang utara (LU) dan 96,36 bujur timur (BT). Pusatnya berada di kawasan Kabupaten Pidie jaya dan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Tetapi menurut laporan dari Supriyadi, menjelang subuh sekitar pukul 05.03 WIB Aceh diguncang oleh getaran kuat, bangunan dilokasi titik gempa roboh seperti minimarket waralaba dan kubah Masjid Samalanga.

Menurutnya, bangunan minimarket waralaba itu memiliki dua lantai. Hampir seluruh bangunannya rata dengan tanah dan hanya menyisakan satu tiang yang bertuliskan papan nama. Saat kejadian itu terjadi, masyarakat berteriak histeris karena trauma dengan musibah tsunami yang terjadi tahun 2004 silam itu. Warga panik dan berhamburan keluar rumah.

Setelah dipastikan tidak berpotensi tsunami situasi di pinggir pantai mulai normal kembali dan warga juga sudah kembali kerumah masing-masing setelah sempat berhamburan ke luar dan siaga dengan kendaraannya masing-masing.

Baca Juga Berita Terkini: 17 Mahasiswa Hilang, 1 Meninggal Dunia di Gunung Mas Bogor !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here