Berita Terkini: Begini Potret Kepanikan Warga Dalam Gempa 6.4 SR Di Aceh !

0
998
Berita Terkini: 4 Warga Meninggal Akibat Gempa Aceh 6.4 SR !
Copyright ©SINDOnews

Begini Potret Kepanikan Warga Dalam Gempa 6.4 SR Di Aceh !

Indowarta.com – Masyarakat berbondong-bondong untuk menyelamatkan diri setelah gempa dengan kekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Akibat dari kejadia ini sejumlah bangunan mengalami kerusakan bahkan roboh.

Gempa bumi dengan kekuatan 6,4 SR ini terjadi pada Rabu (7/12/2016) sekitar pukul 05.03 WIB dan tidak berpotensi tsunami. Setelah diguncang oleh getaran yang sangat kuat ini, masyarakat berhamburan keluar rumah dan bangunan mereka. masyarakat berusaha untuk menyelamatkan diri dari menuju lokasi-lokasi yang aman dan perbukitan.

Terlihat masyarakat memadati jalanan Pidie Jaya. Ada warga yang berjalan kani, mengendarai motor dan mobil. Suara dari klakson memecahkan keheningan pada pagi hari.

Berita Terkini: Begini Potret Kepanikan Warga Dalam Gempa 6.4 SR Di Aceh !
Copyright ©Tribunnews

Sementara itu, sejumlah rumah juga mengalami kerusakan parah. Tembok bangunan mengalami retak bahkan ada yang roboh. Begitu juga dengan sejumlah fasilitas umum dan juga sekolah yang mengalami kerusakan parah. Salah satunya yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam Aziziyah, Jumalanga, Kabupaten Bireuen, Nanggroe Aceh Darussalam. Tembok yang berwarna kuning tersebut mengalami retak-retak.

Tidak hanya itu, masjid-masjid juga mengalami kerusakan. Ada masjid yang mimiliki dua lantai mengalami kerusakan yang parah, bahkan sebagian bangunannya mengalami roboh. Meskipun  demikian. Hal itu tidak menghalangi warga untuk tetap khusyuk menjalankan ibadah shalat Subuh di masjid. Bahkan, juga terlihat puing-puing dari bangunan yang berserakan di dalam masjid.

BMKG mengatakan pusat gempa berada di darat 18 kolometer timut laut Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Mengingat guncangan yang terjadi sangat kuat, BMKG memberi informasi selanjutnya, yaitu gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Getarannya dirasakan hingga wilayah Banda Aceh dan Meulaboh. Kepanikan sempat terlihat saat guncangan terjad. Peristiwa ini menjadi telah menjadi trending topic di Twitter. Beberapa netizen ada yang memeberikan kabar terbaru dan sisanya mendoakan agar tidak ada korban.

Tetapi menurut Kepala BPBD Pidie jaya, Puteh Manaf mengatakan, korban jiwa yang sudah terdata dan baru saja dievakuasi ada empat orang yang meninggal.  Selain menelan korban jiwa, musibah ini juga memporak-porandakan beberapa bangunan serta menimbulkan kepanikan yang luar biasa pada masyarakat.

Baca Juga Berita Terkini: Gempa 6,4 SR Goyang Aceh, Beberapa Bangunan Dibuat Roboh Oleh Goncangan Tersebut !

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here