Berita Terkini: Jokowi Perintahkan Seluruh Aparat Tanggulangi Gempa Aceh !

0
891
Berita Terkini: Begini Potret Kepanikan Warga Dalam Gempa 6.4 SR Di Aceh !
Copyright ©Tribunnews

Berita Terkini: Jokowi Perintahkan Seluruh Aparat Tanggulangi Gempa Aceh !

Indowarta.com– Presiden Joko Widodo telah langsung memerintahkan kepada aparat untuk bergerak ke lokasi terkait dengan gempa yang telah terjadi di Pidie Jaya, Aceh dengan kekuatan 6,5 SR. Gempa ini telah membuat beberapa bagunan telah roboh.

Jokowi pada saat berada di Istana Negera di jalan Veteran, Jakarta Pusat pada hari Rabu 7 Desember 2016 mengatakan bahwa pada tadi pagi dirinya sudah mendapatkan laporan. Jokowi telah memberikan perintah untuk seluruh aparat agar segera bergerak sesuai dengan otoritasnya.

Gempa yang terjadi pada pukul 05.30 WIB ini telah membuat para warga berhamburan untuk keluar keluar rumah mereka. Akibat gempa Aceh ini, setidaknya ada 18 orang telah meninggal dunia. hingga saat i ni masih ada puluhan orang yang masih tertimbun oleh reruntuhan bangunan.

gempa-64-sr-di-aceh-spbu-rusak-dan-kubah-masjid-jatuh

Getaran dari gempa Aceh ini juga terasa hingga ke Banda Aceh, Bireun, Pidie dan juga beberapa wilayah lainnya. Penyebab terjadinya gempa ini adalah karena sesar aktif. Gempa yang terjadi ini tidak menimbulkan potensi tsunami.

Warga yang tiggal di pinggiran pantai Aceh Jaya ini juga ikur merasakan getaran dari gempa ini. Mereka sudah menjalani aktivitas normal seperti biasanya meskipun pada awalnya mereka merasa sangat panik dan berusaha menyelamatkan diri.

Seorang saksi mata yang bernama Naswadi yang pada saat itu sedang menginap di Hotela di Calang, Aceh jaya, Aceh pada hari Rabu 7 Desember 2016 mengatakan bahwa semenjak pukul 07.00 WIB aktiivitas dari para warga ini sudah kembali normal seperti biasanya. Semenjak mendapatkan kepastian bahwa gempa Aceh ini tidak berpotensi tsunami, aktivitas dari warga sudah kembali normal.

Naswadi menyebutkan bahwa pada saat gempa mengguncang, para warga langsung berusaha untuk menyelamatkan diri dengan menuju ke lahan yang jauh dari bangunan. Sempat juga terdengar gemuruh bunyi bangunan karena guncangan dari gempa tersebut yang cukup keras.

Naswadi mengatakan “Bagi saya yang terbiasa tinggal di Jakarta gempanya cukup keras tapi masyarakat di sini sudah sensitif dengan bencana dan refleknya cepat. Terdengar bunyi gemuruh langsung keluar rumah, ada yang turun dari hotel, berlari mencari tempat yang aman”.

baca juga :

Berita Terkini: Begini Potret Kepanikan Warga Dalam Gempa 6.4 SR Di Aceh !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here