Berita Terkini: Pemerintah Belum Menetapkan Status Pasca Gempa Aceh Terjadi !

0
2100
Gempa bumi
Copyright ©Okezone

Pemerintah Belum Menetapkan Status Pasca Gempa Aceh Terjadi !

Indowarta.com – Pagi hari tadi telah terjadi gempa dengan kekuatan dahsyat yang mengguncang daerah Aceh. Akibat dari musibah tersebut banyak rumah warga, masjid-masjid bahkan fasilitas umum lainnya yang retak bahkan roboh hingga rata dengan tanah.

Gempa dengan kekuatan 6,5 Skala Richter tersebut membuat masyarakat menjadi panik, mereka khawatir akan adanya tsunami akibat kejadian ini, akan tetapi BPBD sudah memastikan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hingga kini pemerintah belum menetapkan status untuk gempa Aceh tersebut.kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki saat ini situasinya baru tahap tanggap darurat. Oleh karena itu hal utama yang harus dilakukan adalah menangani para korban dan menyiapkan sejumlah pengungsian secepatnya.

Berita Terkini: Pemerintah Belum Menetapkan Status Pasca Gempa Aceh Terjadi !
Copyright©metrotvnews

Untuk menentukan skala nasional atau daerah pemerintah saat ini masih akan membicarakannya. Seperti yang telah dikatakan oleh Teten saat berada di Kantor Presiden, Jakarta, semoga saja dampaknya tidak besar. pihaknya akan menentukan dengan BNPB.

Gempa yang berkuatan 6,5 SR itu mengguncang empat wilayah di Provinsi Aceh. Guncangan dahsyat itu dirasakan oleh warga pada pukul 05.00 WIB, Rabu (7/12/2016). Wilayah yang merasakan gempa Aceh yaitu Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie, dan juga kabupaten Pidie jaya.

Pusat gempa terjadi di koordinat 5,19 lintang Utara dan 96,36 Bujur Timur pada kedalaman 10 kilometer.

Sore hari ini, Teten dijadwalkan akan ke Aceh. Dia bersama dengan pelaksana tugas Gubernur Aceh Soedarsono serta para Bupati yang wilahnya terkena dampak dari gempa ini nantinya akan menggelar rapat koordinasi. Pertemuan itu nantinyakan menetukan jenis bantuan apa yang bisa diberikan oleh pemerintah pusat ke daerah. Teten juga akan mengunjungi daerah yang terkena gempa.

Presiden Jokowi sendiri sudah memerintahkan kementerian terkait untuk segera ke lokasi gempa. Secara khusus Jokowi juga memerintahkan Teten untuk meninjau secara langsung lokasi gempa. Jokowi menginstruksikan aparat untuk membantu para koreban.

Sejauh ini dari data Plt Gubernur Aceh, Teten mengatakan korban jiwa sebanyak 25 orang. 17 diantaranya adalah orang dewasa dan sisanya adalah anak-anak. Mayoritas korban tersebut berasal dari daerah Pindie Jaya. Sedangkan bangunan yang mengalami kerusakan sebanyak 92 unit yang sebagian besar merupakan toko dan rumah warga.

Teten belum bisa memastikan apakah Presiden Jokowi akan mengunjungi lokasi gempa. Gempa Aceh ini bukan  terjadi yang pertama kali, tahun 2014 bulan Desember aceh pernah diguncang gempa dengan kekuatan dahsyat hingga terjadinya tsunami yang memporakporandakan wilayah Aceh serta memakan banyak korban jiwa, bahkan memberikan trauma kepada warga.

Baca Juga Berita Terkini: Gempa 6,4 SR Goyang Aceh, Beberapa Bangunan Dibuat Roboh Oleh Goncangan Tersebut !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here