Cek Yuk Syarat Dapatkan Subsidi Listrik Dari PLN !

    0
    7506
    Cek Yuk Syarat Dapatkan Subsidi Listrik Dari PLN !
    Copyright ©Merdeka

    Cek Yuk Syarat Dapatkan Subsidi Listrik Dari PLN !

    Indowarta.com – Pemeritah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mimeral (ESDM), masih akan memebrikan subsidi listrik kepada 27 juta pelanggannya pada tahun 2017 mendatang. Jumlah tersebut memang mengalami perubahan yang signifikan akibat dari pemerintah mencabut sebagian subsidi kepada golongan pelanggan 9oo Volt Ampere (VA).

    Menurut Dirktur Jendral Ketenagalistrikan ESDM Jarman mengatakan jumlah golongan masih didominasi dengan golongan 450 VA, yang hingga saat ini berjumlah 23 juta pelanggan. Sedangkan sisanya 4,1 juta pelanggan berasal dari sebagian pelanggan 900 VA.

    Seperti yang dikatakan oleh Jarman, bahwa hanya tinggal 1,4 juta keluarga, hampir 18,8 juta dari 22,9 juta sudah tidak layak mendapatkan subsidi. Pelanggan yang berasal dari masyarakat yang mampu nanti subsidinya akan dicabut secara bertahap.

    Cek Yuk Syarat Dapatkan Subsidi Listrik Dari PLN !
    Copyright ©Tempo

    Jarman mengharapkan pemerintah masih bisa melakukan penghematan dengan mengurangi jumlah subsidi listrik. Karena hal tersebut sesuai dengan UU Nomor 30 tahun 2007 tentang Energi dan UU Nomor 30 Tahun 2009 tentang ketenagalistrikan. Disitu telah dinyatakan bahwa yang berhak menerima subsidi listrik adalah masyarakat yang tidak mampu, tegasnya.

    Direktur Eksekutif IRESS Fabby Tumiwa menambahkan keterangan bahwa dalam pemberian skema subsidi listrik harus jelas. Selain itu penting adanya keterlibatan swasta dalam pembangunan infrastruktur di dalam bidang kelistrikan yang bertujuan untuk mencapai target listrifikasi pemerintah sebesar 97 persen di tahun2017.

    Seperti yang diucapkan oleh Fabby, memang swasta koordinasi dengan pemda sangatlah penting karena tanggung jawab tidak hanya pusat melainkan juga daerah. Hal ini perlu dipersiapkan dan diperjelas karena melistriki itu mahal.

    Selain itu Jarman mengatakan, rasio elektrifikasi listrik terus naik setiap tahunnya. Sehingga presentase kepala keluarga yang belum terlistriki tinggal 10,2 persen. Pemerintah melakukan pemangkasan subsidi untuk mengejar elektrifikasi. Jumlah yang dihemat nantinya sebesar Rp 20 Triliun.

    Jarman menargetkan rasio elekrifikasi di Indonesia mencapai 97 prsen pada tiga tahun yang akan datang yaitu tahun 2019. Saat ini, elektrifikasi masih berada di angka 89,8 persen. Sehingga hampir 11 persen masih belum teraliri listrik, dan hingga tahun ini ditargetkan elektrifikasi sebesar 90 persen.

    Pemerintah emastikan tidak akan mecabut subsidi bagi golongan 450 VA tahun depan. Akan tetapi kajian untuk pencabutan subsidi pada golongan tersebut tetap akan dilakukan. Listrik 450 VA memiliki jumlah pelanggan sebesar 23 juta .

    Untuk menuju target tersebut pemerintah harus melakukan pencabutan subsidi terhadap 18,8 juta kepal keluarga sebesar Rp 20 triliun. Subsidi tersebut nantinya akn dialokasikan untuk proyek infrastuktur termasuk pembangunan jaringan listrik baru.

    Baca Juga Resmi, ,Catet Jadwal Hari Libur Nasioanal Untuk Tahun 2017 Berikut Ini Ya !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here