Berita Terkini: Indonesia Siapkan Pasukan Untuk Bantuan Kemanusiaan Muslim di Rohingya !

0
1116
Berita Terkini: Indonesia Siapkan Pasukan Untuk Bantuan Kemanusiaan Muslim di Rohingya !
Copyright ©Okezone

Indonesia Siapkan Pasukan Untuk Bantuan Kemanusiaan Muslim di Rohingya !

Indowarta.com – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyatakan bahwa pemerintah Indonesia siap memberikan bantuan kemanusiaan untuk warga Rohingya di Rakhine, Bagian utara Myanmar, yang sedang didera konflik.

Seperti yang telah dikatakan oleh Retno usai pertemuan bilateral dengan Menlu Suriname Niermala Badrising di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali pada hari Rabu (7/12/2016). Dirinya bertemu dengan State Counsellor Myanmar Aung San Suu kyi, Suu Kyi mengatakan akses bantuan kemanusiaan akan dibuka. Indonesia siap untuk mengirimkan bantuan kemanusiaannya ke Rohingya.

Dalam pertemuan itu, Indonesia menyampaikan kembali rasa perhatiannya terhadap permasalahan yang terjadi di Rakhine. Indonesia mengharapkan kondisi di Rakhine State bisa dikembalikan dengan mempertimbangkan masalah perlindungan juga penghormatan terhadap hak asasi manusia untuk seluruh masyarakat yang berada di Rakhine State, termasuk masyarakat muslim yang tinggal di sana, ujar Retno.

Berita Terkini: Indonesia Siapkan Pasukan Untuk Bantuan Kemanusiaan Muslim di Rohingya !
Copyright ©VOA Indonesia

Setelah melakukan pertemuan dengan Suu Kyi, dirinya juga bertemu dengan beberapa organisasi Indonesia yang sudah siap untuk menyalurkan bantuannya. “ini adalah kumpulan organisasi-organisasi kemanusiaan yang ada di Indonesia, juga bantuan dari masyarakat Indonesia. Mereka sepakat pendekatan yang akan diberikan dalam memberi bantuan adalah pendekatan kemanusiaan.

Pemerintah Indonesia juga baru saja menyelesaikan pembangunan sekolah di wilayah Rakhine. Kemarin itu pihaknya berbicara dengan teman-teman organisasi kemanusiaan terkait dengan selesainya pembangunan dua sekolah itu. Maka Indonesia sudah membantu pembangunan eman sekokah di Rakhine. Bantuan yang lainnya pun juga di bahas dengan State Counsellor Myanmar mengenai bantuan apa yang diharapkan dari Indonesia.

Indonesia siap untuk membantu Myanmar dalam mengembalikan situasi normal  di wilayah Rakhine dan tentunya termasuk kerjasama ataupun bantuan kemanusiaan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla juga memastikan Indonesia akan membantu menyelesaikan masalah yang terjadi di Rakhine, Myanmar, yang menimpa Muslim Rohingya. JK juga memuji diplomasi yang dilakukan oleh Retno yang datang ke Myanmar atas undangan Pemimpin Suu Kyi.

Kehadiran Retno itu merupakan arahan dari Presiden Jokowi agar Indonesia turut membantu konflik di Rakhine secara damai. Konvlik di Rakhine semakin meningkat sejak awal November 2016.

Baca Juga Berita Terkini: Menelisik Sosok Dibalik Penyuplai Dana Upaya Makar Sri Bintang Pamungkas Dll !

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here