Tulis Status Di FB Berupa Ujaran Kebencian, Hatta Taliwang Dijadikan Tersangka !

0
1934
Tulis Status Di FB Berupa Ujaran Kebencian, Hatta Talawang Dijadikan Tersangka !
Copyright ©Tribunnews

Tulis Status Di FB Berupa Ujaran Kebencian, Hatta Taliwang Dijadikan Tersangka !

Indowarta.com – Aparat Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya mengamankan aktivis Mohammad hatta atau yang dikenal dengan nama Hatta Taliwang. Dirinya diamankan di kediamannya di rumah susun Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, pada kamis (8/12/2016) sekitar pukul 01.30 WIB dini hari tadi.

Kombes Raden Prabowo Argo selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya mengatakan bahwa aparat kepolisian mengamankan Hatta Taliwang karena diduga telah menyebarkan tulisan ujaran kebencian di media sosial.

Ia menjelaskan, Hatta diduga telah memposting di media sosial Facebook yang isinya disinyalir  dapat menimbulkan permusuhan terkait SARA. Selain itu, Hatta menyampaikan bahwa orang Cina itu hobi beternak penguasa.

Tulis Status Di FB Berupa Ujaran Kebencian, Hatta Talawang Dijadikan Tersangka !
Copyright ©News Okezone

Argo mengatakan, tulisan semua berkaitan dengan isu-isu dan sebagainya. Maka dari itu Hatta ditangkap tadi malam. saat penangkapan, Hatta Taliwang tidak melakukan perlawanan. Saat ditangkap penyidik juga menyampaikan beberapa surat untuk diketahui oleh orang yang ditangkap.

Kemudian yang bersangkutan dibawa ke polda Metro Jaya setelah proses penangkapan itu. Hingga saat ini masih menunggu pihak penasihat hukum Hatta sehingga belum dilakukan pemeriksaan.

Aktivis itu disangkakan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. Nantinya akan dikembangkan lebih lanjut (dugaan makar). Dikediaman yang bersangkutan ditemukan sejumlah barang bukti seperti handphone, buku tulisan dan buku notes.

Hatta diduga juga terlibat dalam perencaan dugaan upaya makar karena diketahui turut hadir dalam pertemuan tokoh yang telah ditetapkan sebagai tersangka makar. Sebelumnya aktivis ini sempat diburu oleh pihak kepolisian.

Seperti yang telah diketahu sebelumnya polisi mengamankan 11 orang yang saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka yang ditangkap adalah Kivlan Zein, Firza Huzein, Eko Santjojo, Adityawarman Thahar, Ratna Serumpaet, Alvin Indra, Rachmawati Soekarnoputri, dan Sri Bintang Pamungkas. Dari 11 tersangak itu sudah 8 orang tersangka yang dipulangkan.

Sri Bintang Pamungkas ditahan oleh kepolisian karena menjadi tersangka kasus dugaan penghasutan masyarakat melalui media sosial. Penetapan itu berkaitan dengan konten dalam video di sebuah akun YouTube yang diunggah pada November 2016.

Baca Juga Berita Terkini: Rachmawati Soekarno Putri Beberkan Kronologis Pergerakannya Sehingga Dinilai Sebagai Dugaan Makar Dan Ditangkap Polisi !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here