Berita Terbaru : Ulas Kehidupan Pribadi Raja Baru Thailand, BBC Dikenai Pasal Penghinaan !

0
1275
Raja Thailand
Copyright©inddit

Thailand Bakal Berlaga Melawan Timnas Indonesia 14 Desember 2016!

Indowarta.com– Polisi Thailand tengah menyelidiki British Broadcasting Corporatin atau BBC. Pasalnya BBC telah menyebarkan informasi terkait profil raja baru negara Thailand dengan menggunakan bahasa Thai.

Penyebaran profil Sang Raja dilakukan usai Raja Maha Vajiralongkorn diduga menghina pemerintah. Di negeri Gajah Putih tersebut, memang berlaku hukum  yang tegas jika terbukti menghina raja. Termasuk adanya pembatasan dalam hal media dan seni. Pelaku yang terbukti bersalah tidak segan- segan akan dipenjara.

Pada kasus ini BBC telah menyiarkan profil Raja Vajiralongkorn. Beliau diresmikan menjadi raja Thailand pada minggu lalu. Raja tersebut mempunyai gelar Raja Rama ke 10. Tepat proses pengangkatannya di usia 64 tahun.

Raja dari Dinasti Chakri ini menggantikan ayahnya yakni Raja Bhumibol Adulyadej. Yang mana ayahanda saat ini berusia 89 tahun.

BBC diketahui menyiarkan profil Raja Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun mengenai kehidupan pribadinya. Padahal kehidupan pribadi raja di Thailand sangat jarang dimuat dalam media massa. Apalagi menyangkut dengan status pernikahan maupun perceraian.

Prediksi Thailand vs Indonesia
Copyright©harianandalas

Berita yang dimuat di internet tersebut sontak diblokir pihak Thailand. Sayangnya berita tersebut terlanjur viral di berbagai media sosial seperti Facebook dan twitter. Tentu hal ini membuat sejumlah petinggi kerajaan menjadi marah. Mereka melontarkan tudingan pada BBC telah menghina Vajiralingkorn.

Juru bicara kepolisian Thailand, Pornchai Chalordej mengatakan timnya sudah mengunjungi kantor BBC di Bangkok. Sayangnya kantor tersebut sudah tidak beroperasi lagi. Hingga saat ini kasus dugaan penghinaan terhadap raja baru di negerinya masih terus diselidiki. Dan sayangnya Pornchai tak dapat memberikan komentar lebih panjang.

Menurutnya, walaupun artikel tentang profil Raja Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun diterbitkan di BBC London. Pihak berwajib masih dapat memperkarakan dengan hukum lese majeste. Hal ini karena BBC memiliki kantor perwakilannya di Bangkok.

Sementara itu Thailand akan menghadapi Timnas Indonesia pada piala AFF 2016. Keduanya akan berlaga tanggal 14 dan 17 Desember 2016. Timnas negeri Gajah Putih berhasil masuk ke final setelah menaklukkan Myanmar. Dengan kemenangan 2-0 pada leg pertama.

baca juga :

Berita Terkini: Aktivis Satu Ini Langsung Ditangkap Usai Kedapatan Hina Raja Baru Thailand di FB !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here