Berita Hari Ini : Harga Emas Tertekan Dan Masuk Posisi Terendah Dalam 10 Bulan Akibat Hasil Obligasi !

0
833
emas
Copyright ©bisnis

Harga Emas Kurang Menarik Saat Hasil Obligasi Lebih Tinggi !

indowarta.comHarga emas anjlok usai penutupan kemarin lusa, Rabu pagi. Harga emas yang turun ini disebabkan dolar Amerika yang terus menguat. Serta diimbangi dengan kenaikan suku bunga Bank Sentral AS atau The Fed.

Untuk pengiriman bulan Februari harga emas menjadi US $ 1.170,10 per troy once. Sedangkan pada hari Selasa ditutup dengan turun sebanyak 12 persen. Jika dihitung dari harga bulan November (harga emas paling tinggi).

Berdasarkan pantauan The Wall Street Dollar Journal Index, nilai tukas US $ naik menjadi 91,17. Atas kenaikan dolar ini membuat harga emas menjadi naik.

Selain disebabkan kenaikan nilai tukar dolar, harga emas anjlok karena ekonomi AS semakin menguat. Menjadikan the Fed meninggikan suku bunganya. Meski demikian menurut Citi Research, harga emas akan lebih rendah tahun depan dibandingkan saat ini.

Sementara itu harga emas anjlok juga dipicu adanya ketidakstabilan politik di Italia. Namun keadaan ini diabaikan oleh para investor dan ekuitas global.

harga emas hari ini

Dikutip dari situs Reuters pada hari Selasa 6 Desember 2016, harga emas yang cenderung turun berada di posisi 1,157 per ounce, posisi ini menunjukkan penurunan hingga 30 dolar Amerika Serikat.

Kejadian politik di Italia membuat Perdana Menteri Italia Matteo Renzi mundur. Pada minggu lalu dia dinyatakan kalah pada Referendum yang digelar. Adanya kondisi seperti ini membuat stabilitas di Italia tidak menentu. Tetapi pada kenyataannya harga emas tidak terpengaruh.

Pada saat industri jasa domestik mengalami kenaikan pertumbuhan tepatnya November lalu. Namun emas lagi – lagi tidak memberikan imbal hasil. Emas justru memandang negatif atas kenaikan obligasi AS. Akibatnya emas berada di level terendahnya.

Analisi ICBC Standard Bank Tom Kendall menyatakan emas sudah melaju dengan baik sampai bulan keenam. Hal ini karena investor tidak memperoleh uang tunai saat inflasi. Ketika imbal hasil obligasi tinggi dan tingkat bunga riil positif, menyebabkan emas kurang menarik.

baca juga :

Berita Terkini: Dollar As Alami Tekanan, Harga Emas Menguat !

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here