Berita Terkini: Sempat Ada Gempa Susulan Saat Warga Shalat Jumat di Halaman Masjid Roboh Di Aceh !

0
951
Gempa Susulan
Copyright©seputaraceh

Berita Terkini: Sempat Ada Gempa Susulan Saat Warga Shalat Jumat di Halaman Masjid Roboh Di Aceh !

Indowarta.comGempa susulan telah terjadi pada saat para warga tengah melaksanakan shalat Jumat di masjid Tgk Dipucok Krueng Beuracan, Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya, Aceh.  Pada saat gempa ini terjadi, banyak warga yang berhamburan keluar masjid untuk menyelamatka diri.

Gempa susulan ini terjadi pada hari Jumat 9 Desember 2016 pada saat khatib telah menyampaikan khutbahnya. Kurang lebih gempa susulan ini terjadi sekitara 10 detik. Para jemaah shalat Jumat ini terdiri dari warga, relawan dan juga tim SAR gabungan sempat berdiri hingga berlari menyelamatkan diri. Namun selang tidak lama lagi mereka kembali lagi ke Masjid.

Khatib masih tetap melanjutkan Khutbahnya walaupun telah terjadi gempa susulan. Setelah shalat Jumat selesai dilaksanakan, para jemaah berdoa untuk para korban gempa yang telah meninggal dunia dan juga untuk keselamatan warga.

Masjid Tgk Dipucok Krueng Beuracan ini diperkirakan memiliki usia 300 tahun lebih. tepatnya masjid ini telah dibangun semenjak tahun 1622 yang silam. Akibat dari gempa susulan ini, dinding masjid sebelah barat mengalami sedikit kerusakan. Sementara untuk sisi lainnya hanya retak saja.

Gempa Susulan
Copyright©seputaraceh

Sementara itu jumlah dari pengungsi gempa Aceh ini semakin bertambah. Namun Sutopo Purwo yang menjabat sebagai Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Becana atau BNPB ini mengatakan bahwa distribusi dari bantuan untuk korban gempa Aceh ini masih kurang maksimal.

Pada hari Jumat 9 Desember 2016 Sutopo megatakan bahwa semua daerah sudah bisa dijangkau, namun masih ada beberapa daerah yang hingga saat ini masih belum mendapatkan bantuan secara maksimal. Bantuan hingga saat ini mencukupi, hanya saja mengenai distribusi sehingga bantuan masih belum merata maksimal.

Sutopo menjelaskan bahwa akibat gempa ini, total pengungsi mencapai 23.503 orang. Pengungsi tersebut terbagi di berbagai wilayah.

Sutopo sendiri juga telah menyebutkan ralat mengenai jumlah korban meninggal dunia akibat gempa ini yang sebelumnya sebanyak 102 orang menjadi 100 orang yang meninggal dunia.

baca juga :

Berita Terkini: Sampai Di Aceh, Jokowi Atur Strategi Penanganan Gempa !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here