Usai Digusur dan Mengalami Perombakan Di Era Ahok, Begini Penampakan Kalijodo Saat Ini !

    0
    1155
    Usai Digusur dan Mengalami Perombakan Di Era Ahok, Begini Penampakan Kalijodo Saat Ini !
    Copyright ©Kompas

    Usai Digusur dan Mengalami Perombakan Di Era Ahok, Begini Penampakan Kalijodo Saat Ini !

    Indowarta.com – Setelah dilakukan pembongkaran pada 29 Februari 2016 lalu, kawasan kalijodo, Jakarta barat yang dulunya dijadikan sebagai lokasi transaksi bisnis esek-esek, kini telah berubah disulap menjadi taman rekreasi.

    Terlihat puluhan kuli bangunan sedang bergegas untuk menutupi bagian bangunan yang semennya masih basah menggunakan kertas semen dan juga karung bekas. Puluhan pekerja lainnya sibuk memplester dan memoles jalur permainan skate board yang berada di tengah-tengah kawasan kalijodo.

    Menurut keterangan dari seorang kuli, mereka sudah bekerja sejak jam 7 pagi. Kawasan yang dulu merupakan tempat bisnis esek-esek terbesar di Jakarta, saat ini sudah beralih fungsi. Ratusan kepala keluarga harus pergi dari tempat itu setelah pemerintah Provinsi DKI Jakarta meratakan bangunannya.

    Usai Digusur dan Mengalami Perombakan Di Era Ahok, Begini Penampakan Kalijodo Saat Ini !
    Copyright ©Kompas

    Lokasi yang memiliki luas sekitar 1 hektare lebih itu kini telah diseulap dengan berbagai jenis fasilitas. Ada lapangan futsal, jalur lari, jalur papan seluncur, taman yang dinami berbagai jenis pohon dan rumput yang lembut.

    Seorang mandor mengatakan, jika cuacanya mendukung, pembangunan sudah selesai sejak bulan lalu. banyak penambalan yang harus dilakukan mengingat kontur tanah di kawasan kalijodo yang tupang tindih serta memiliki ketinggian yang berbeda. Saat ini sudah di tambal menggunakan ribuan kubik tanah, sehingga saat ini tidak lagi timpang, tetapi landai.

    Ratusan kafe yang dulunya menyediakan wanita pekerja esek-esek kini sudah tidak ada lagi dan berganti dengan lapangan futsal.

    Untuk bangunan secara kasar sdah selesai, dan kuli banguan saat ini hanya ditugasi untuk finishing. Dua sudut di jalur sepeda mengelupas aspalnya. Sudut kemiringan di salah satu arena skate board juga terlalu tajam. Seperti yang dituturkan oleh kuli bangunan sambil menunjukkan cara memoles jalur skateboard. Ditambal lagi aspalnya, terus sudutnya juga harus agak bulat, enggak boleh tajam.

    Penggusuran yang terjadi akhir bulan Februari lalu itu akhirnya mulai menampakkan hasilnya di akhir tahun 2016 ini. perintah dari pihak atas pembangunan harus siap untuk tahun baru.

    Namun menurut mandor yang tidak mau disebutkan namanya itu pesimis dengan pengerjaan apakah bisa selesai tepat waktu. Sebab, cuaca belakangan ini tidak menentu. “Kalau ujannya awet begini, ya mungkin enggak siap, atau kami akan pakai cara baru,” ucap dari sang mandor sembari berlalu dan memantau para kuli bangunan yang terus bekerja meskipun saat itu sedang hujan.

    Baca Juga Hebat, ,Video Youtube Karya Anak Indonesia Ini Dominasi Video Terpopuler Tahun 2016 Lho !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here