Berita Terkini: Hina Islam, Satu Akun FB Ini Langsung Lenyap Usai Sempat dilaporkan Cyber Crime !

0
1403
FB
Copyright ©Harian Mercusuar

Hina Islam, Satu Akun FB Ini Langsung Lenyap Usai Sempat dilaporkan Cyber Crime !

Indowarta.com – UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) telah direvisi menjadi UU Nomor 19 Tahun 2016. UU yang sudah diberlakukan sejak 28 November 2016 lalu, menyasar ujaran kebencian, penyebar informasi bohong sampai penista agama.

Baru saja UU tersebut direvisi, kini Polda Kalimantan Selatan menerima laporan mengenai pelanggaran UU ITE. Karena dianggap menulis kata-kata yang diduga menghina islam, sebuah akun FB dengan inisial OF telah dilaporkan oleh ALiansi Muslim Banua ke Direktorat Kriminal Khusus Polda Kalimantan Selatan pada Selasa (6/12/2016). Pelaporan tersebut berkenaan dengan kata-kata yang ditulis oleh pemilik akun.

Ketua Aliansi Muslim Banua Kalimantan Selatan, Haris Maulidnnor mendatangi kantor Ditkrimsus Polda Kalsel pada Selasa (6/12/2016) siang. Dalam laporannya itu, dia mengatakan pemilik akun telah menuliskan sebuah komentar yang berisikan “Ente ga sadar aja sih??? Sadar dong Ryma Sofyan, ente dibohongi pakai ayat Alquran, islam itu damai bukan memaksakan kehendak” .

WAJIB BACA :  Viral Video FB Dua pemuda Bersamurai Tantang Anggota TNI, Gini Deh Jadinya!
Berita Terkini: Hina Islam, Satu Akun FB Ini Langsung Lenyap Usai Sempat dilaporkan Cyber Crime !
Copyright ©Indoberita

Kata-kata itulah yang akhirnya dipersoalkan karena dianggap telah menghina Islam. Ketika dihubungi, dirinya membenarkan telah melaporkan akun FB OF ke Ditkrimsus Polda Kalsel. Seperti yang telah dipaparkan oleh Haris, pihaknya duga menghina Islam dengan kata-katanya itu. Pihaknya juga menduga pemilik akun tersebut merupakan seorang PNS di Kabupaten Banjar.

Menurutnya, inti pelaporannya itu agar menjadi suatu pelajaran jangan menulis yang menghina Islam. Diharapkan bisa menjadi efek jera bagi yang lain yang suka menghina-hina, karena saat ini ada UU ITE.

Kedatangannya ke Polda Kalsel itu didampingi oleh Ryma Sofyan yang kebetulan teman FB dari OF. Ryma mengamini dia ikut datang ke Ditkrimsus Polda Kalsel bersama dengan Haris. Ryma mendampingi Haris sebagai saksi.

WAJIB BACA :  Viral Video FB Ayah Menangis Histeris Anaknya Kecelakaan Tak Ada yang Menolong!

Ryma mengatakan, dirinya berteman dengan akun Facebook OF,dalam tulisan di akun tersebut pemilik akun berkomentar pada satu topik mengenai aksi 412, Golkar akan kerahkan 120 ribu. Aa Gym sebut aksi itu tandingan karena duniawi. Kemudian komentar-komentar bermunculan dan dirinya pun ikut komentar.

Kedatangan Haris itu diterima oleh Subdit 2 Ditkrimsus Polda Kalsel. Namun saat dikonfirmasi Direktur Krimsus Polda Kalsel AKBP Rizal Irawan mengaku dirinya belum menerima laporan.dirinya mengaku akan melakukan pengecekan ke petugas piket apakah laporan tersebut sudah masuk.

Tetapi Rizal juga memebenarkan pada Selasa Sore ada dua orang yang datang dan berencana untuk melapor, namun itu tidak jadi, mereka akan membicarakan itu dengan kelompoknya terlebih dahulu.

WAJIB BACA :  Lantaran Posting Foto di FB, Wanita Ini Dibakar Oleh Suami Sendiri!

Menurut Informasi terakhir yang di peroleh, Haris menyebut bahwa pelaporannya dicabut karena yang bersangkutan telah meminta maaf. Menyikapi revisi UU ITE, Kapolda Brigjen Erwin Triwanto mengungkapkan, orang-orang yang telah membuat dan membagi informasi yang sifatnya menghasut, menyebarkan rasa kebencian, SARA maupun yang lainnya yang tertera dalam UU ITE tentunya akan dikenakan.

Erwin mengharapkan, masyarakat bisa mengerti tengtang adanya UU ITE yang telah direvisi agar tidak salah dalam menyikapi sebuah informasi yang masuk. Selain itu pihaknya juga memiliki unit cyber crime yang akan melakukan pemantauan terhadap media-media sosial.

Tidak hanya Polda, Polresta Banjarmasin juga akan melakukan pemantauan terhadap media-media sosial jika menyebarkan suatu kebencian, Sara maupun yang lainnya.

Baca Juga Berita Terkini: Gempa Bumi Guncang  Sigli 4,5 SR Usai Gempa Pidie Jaya 5 SR Malam Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here