Makna dan Sejarah Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW  Yang Jatuh Pada 12 Desember 2016 !

    0
    6440
    maulid-nabi
    Copyright© hikmahsby

    Maulid Nabi Muhammad SAW Mendorong Umat Muslim Lebih Solid

    indowarta.com–  Maulid Nabi Muhammad SAW selalu dirayakan setiap tahunnya oleh umat Muslim diseluruh penjuru dunia. Hari ini merupakan malam peringatan kelahiran Nabi Akhir Zaman, Baginda Rosul Muhammad SAW.

    Pada mulanya Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW bertujuan untuk memberikan semangat pada seluruh umat Muslim dalam perjuangannya melawan tentara pada saat Perang Salib.

    Sementara itu alasan diadakannya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah sebagai pengingat hari kelahiran Nabi Muhammad. Yang mana beliau lahir tanggal 2 Robiul Awal Tahun Gajah. Beliau adalah putra dari Abdullan dan Siti Aminah. Nabi lahir di Kota Makkah, kurang lebih 200 meter dari Masjidil Haram. Kala kelahirannya bertepatan dengan perang gajah. Perang dimana pasukan membawa kendaraan gajah.

    Pada masa kekhalifahan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tidak pernah dilakukan. Hal ini karena mereka (para Imam) paham betul sunnah Nabinya. Peringatan Maulid Nabi ini pertama kali dirayakan oleh Sultan Salahuddin Al Ayyubi. Dimana beliau adalahjenderang perang umat Muslin dari Tikrit Irak.

    maulid-nabi
    Copyright© radar indo

    Kala itu Sultan merupakan jenderal yang ditakuti tentara Salib. Dengan tegasnya Sultan menceritakan kisah Nabi. Hal ini membuat pasukannya semakin semangat dalam berjuang hingga akhirnya kemenangan pun ada di tangan.

    Sedangkan di Indonesia sendiri banyak tradisi perayaan Maulid Nabi. Misalnya saja pawai obor, pengajian, dan lainnya. Lantas apa saja nilai atau makna yang terkandung dalam Maulid Nabi Muhammad SAW:

    1. Nilai spiritual

    Dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Umat Muslim semakin meningkat rasa cintanya pada sang Tauladan. Selain itu sebagai rasa hormat pada Nabinya.

    1. Nilai moral

    Dengan memperingati Maulid Nabi, umat Muslim dapat mengambil hikmah atas kisah teladannya. Dan tentunya dapat mengamalkan nilai terpuji dalam kehidupan.

    1. Nilai sosial

    Biasanya peringatan diwarnai dengan pemberian sedekah pada fakir miskin. Atau siapa saja yang hadir dalam majelis.

    1. Nilai persatuan

    Dengana adanya kegiatan berzikir bersama tenti akan membuat umat Muslim bersatu.

    baca juga :

    Berita Terkini: Tol Cikampek Terapkan Contra Flow Sambut Long Weekend Maulid Nabi Muhammad SAW !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here