Berita Terbaru :  Tutup Usia, Inilah Sederet Prestasi Mar Ie Muhammad Di Bidang Kementerian Keuangan !

0
1196
mar-ie-muhammad
Copyright© cnnindonesia

Sri Mulyani Akui Kehebatan Mar Ie Muhammad Dalam Komitmennya Memperbaiki DJP !

Indowarta.com– Berita duka datangnya dari Mantan Menteri Keuangan Mar Ie Muhammad hari ini Minggu 11 Desember 2016 dini hari. Sebelum berpulang ke Rahmatullah, Mar Ie Muhammad sempat dirawat di RS Pusat Otak Nasional.

Dilansir dari situs Kementerian Keuangan, Mar Ie Muhammad lahir tanggal 3 April 1939 di Surabaya. Beliau mulai menjalani karirnya tahun 1969 di Kementerian Keuangan. Sampai tahun 1972, pria yang dijuluki Mr Clean itu sempat menjabat di Dirjen Pengawasan Keuangan Negara. Kesempatan emas juga pernah dijalani sebagai wakil rakyat kabinet Gotong Royong.

Jabatan terakhir Mar Ie Muhammad sebagai direktur di salah satu BUMN tahun 1988. Setelah tahun tersebut hingga tahun 1993, beliau menjabat menjadi Dirjen Pajak.

Lantas mengapa Mar Ie Muhammad kerap dipanggil Mr Clean? Pasalnya pria ini kukuh pendirian dalam upaya memberantas korupsi di lingkup Kementerian Keuangan. Ia juga berusaha membersihkan institusi negara ini dari koruptor.

mar-ie-muhammad
Copyright© monitorday

Atas prestasinya, Presiden Soeharto mengangkat Mar Ie Muhammad sebagai Menteri Keuangan Kabinet Pembangunan VI tahin 1993. Langkah cerdas Menkeu ini adalah dengan tegas menolak dana taktis dan anggaran perjalanan dinas yang nilainya besar.

Tak hanya itu, Mr Clean juga menentukan kebijakannya dalam mengatasi kredit macet perbankan. Langkah berikut ini yang diterapkannya, yaitu meningkatkan kredit kolektif yang sudah disalurkan, memberikan kredit sesuai kadiah perbankan, pengawasan penggunaan kredit yang bebas dari masalah intern penerima kredit, dan menurunkan biaya overhead.

Atas kerja keras dari Mar Ie Muhammad juga Indonesia sempat menjadi pelopor di bidang perekonomian se Asia Tenggara. Tak hanya itu, Mr Clean juga mempunyai komitmen memperbaiki kinerja Kementerian Keuangan dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Sebelumnya Menkeu Sri Mulyani menjenguk seniornya ini di RS. Ia merasa bersedih karena kondisi Mar Ie yang sudah tak bisa bicara. Tetapi Mar Ie masih bisa mendengar ucapan Sri. Menurut Sri Mulyani, Mar Ie mempunyai wawasan yang luas terkait DJP.

baca juga :

Berita Terkini : Begini Penegasan Sri Mulyani Soal Tax Amnesty Yang Resahkan Petani Hingga Pensiunan !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY