Berita Terkini: JK Tak Setuju, Moratorium Ujian Nasional Masih ‘Ngambang’, Istana Harus Tegas !

0
584
Berita Terkini: JK Tak Setuju, Moratorium Ujian Nasional Masih 'Ngambang', Istana Harus Tegas !
Copyright ©kompasiana

JK Tak Setuju, Moratorium Ujian Nasional Masih ‘Ngambang’, Istana Harus Tegas !

Indowarta.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan kalau pemerintah tidak menyetujui moratorium Ujian Nasional (UN). Kemudian Mendikbud Muhadjir Effendi mengatakan bahwa keputusan mengenai gagasan yang disampaikannya itu belum final.

Seperti yang dikatakan oleh Muhadjir setelah membuka seminar di Gedung DPR, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada hari Rabu (14/12/2016), karena pak wapres yang menyampaikan, nanti kita tunggu dahulu tindak lanjutnya, saat ini kita masih menunggu formalnya keputusan kabinet terbatas nanti.

Mendikbud menegaskan bahwa dia tetap ingin agar moratorium Ujian Nasional dilaksanakan. Karena berdasarkan pada kajian, pelaksanaan UN dianggap tidak tepat bagi siswa. Apalagi DPR pun juga telah sepaham dengannya.

Berita Terkini: JK Tak Setuju, Moratorium Ujian Nasional Masih 'Ngambang', Istana Harus Tegas !
Copyright ©Merdeka

Kemudian Muhadjir mengatakan, kalau dia tetap menginginkan moratorium itu terlaksana. Karena itu sudah diusulkan. Tapi dirinya hanyalah pembantu Presiden, maka dari itu dia menyerahkannya kepada Presiden.

Dia juga menambahkan, bahwa dirinya professional saja. setelah dikaji, kemudian disampaikan ke komisi X (DPR) lalu mayoritas sudah oke, selanjutanya diajukan ke Presiden, rapat paripurna, kemudian kesimpulan dari Wapres itu ditolaknya. Hal biasa jika ada yang setuju maupun tidak.

Maka dari itu Mendikbud itu masih menunggu hasil rapat kabinet terbatas terkait dengan penghapusan UN. Jika nantinya tetap ditolak seperti yang telah disampaikan oleh JK, Muhadjir menurutnya siap untuk melaksanakannya.

Nantinya masih ada tindak lanjut dari rapat kabinet terbatas. Kalau memang penghapusan UN yang telah dipersiapkan, kalau keputusannya tidak ya lihat nanti, tutur dari Muhadjir.

Dalam rapat kabinet paripurna kemarin, tidak ada masukan yang diberikan. Hanya akan dilanjutkan. Istilahnya Presiden nanti ada pendalaman pada rapat kabinet terbatas itu. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, JK menyatakan Moratorium Ujian Nasional tidak disetujui. Rencana yang telah digagas oleh Mendikbud itu akan dikaji ulang.

Kemendikbud diminta bersikap tegas mengenai moratorium UN pada tahun 2017. Seperti yang disampaikan oleh pengamat pendidikan Universitas Negeri Medan, Dr Mutsyuhito Solin Mpd, usulan yang dilakukan oleh Mendikbud harus jelas, apakah dapat disetujui pemerintah atau tidak.

Menurutnya, jika pemerintah tidak setuju dalam penangguhan UN, sebaiknya ditentukan solusi pengganti yang terbaik. Sebab selama ini siswa SMP sederajat maupun SMA sederajat selalu merasa cemas daalam menghadapi UN. Kebanyakan siswa takut jika dirinya tidak lulus.

Rasa takut yang dialami siswa akan membuat semangat belajar mereka menurun. Hal seperti itu seharusnya dihindari dan jangan sampai terjadi.

Baca Juga Berita Terkini: Usai Sidang Pedana Kasus Penistaan Agama, Elektabilitas Ahok jadi Makin Merosot Tajam !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here