LSI : 60.3 Persen Warga DKI Inginkan Gubernur Baru, Agus Menang Lawan Anies !

0
831
LSI : 60.3 Persen Warga DKI Inginkan Gubernur Baru, Agus Menang Lawan Anies !
Copyright ©Merdeka

60.3 Persen Warga DKI Inginkan Gubernur Baru, Agus Menang Lawan Anies !

Indowarta.com – Hasil penelitian dari Lingkaran Survey Indonesia yang dipimpin oleh Januar Ali (Denny JA) telah memcatat saat ini ada sekitar 60,3 persen warga DKI Jakarta yang menginginkan gubernur yang baru. Diantara Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, siapakah yang paling dipilih oleh warga DKI?

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby memberikan jawaban bahwa pasangan Agus Yudhoyono lebih dipilih ketimbang Anies Baswedan. Dia juga menjalaskan bahwa dari 60,3 persen warga DKI Jakarta yang menginginkan gubernur baru itu, kemudian sebesar 47,60 persen mendukung Agus-Sylvi dan 34,80 persen mendukung Anis-Uno.

Seperti yang dikatakan oleh Adjie saat memaparkan hasil survey di kantor LSI, untuk sentiment menginginkan gubernur yang baru, jika Pilkada hari ini, maka Agus lebih dipilih dibanding Anies.

LSI : 60.3 Persen Warga DKI Inginkan Gubernur Baru, Agus Menang Lawan Anies !
Copyright ©Kompas

Hasil survey LSI Denny JA pada Desember 2016 ini, pasangan nomor urut satu memperoleh dukungan tertinggi, yakni 33,6 persen. Kandidat petahana Ahok-Djarot berada pada urutan kedua dengan perolehan 27,1 persen dan pasangan Anies-Sandi memperoleh dukungan 23,6 persen. Adapun mereka yang belum memutuskan sebesar 15,70 persen.

Dukungan dari pemilih cukup terfragmentasi kepada tiga kandidat. Memang selisih diantara ketiga calon belum double digit. Namun, saat ini Agus-Sylvi sudah mengungguli competitor terdekatnya yaitu Ahok-Djarot dengan selisih 6,50 persen.

Sementara untuk pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi selisih elektabilitasnya dibawah margin of error survey yaitu hanya 3,50 persen. Survey LSI Denny JA dilakukan secara tatap muka pada 440 responden pada tanggal 1 hingga 6 Desember 2016 di Jakarta. Responden dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Untuk Margin of Error survey ini plus minus 4,8 persen.

Survey ini dibiayai menggunakan dana sendiri, dan dilengkapi dengan kualitatif riset. Sebenarnya sudah lima kali LSI melakukan survey pilkada DKI, yakni sejak bulan Maret, Juli, Oktober, November dan Desember.

Dalam setiap surveynya selalu diselipkan sebuah pertanyaan yang sama, yaitu ibu dan bapak jika pilkada dilakukan hari ini, apakah ingin gubernur baru atau tetap dengan gubernur lama, atau tidak tahu?

Baca juga Berita Terkini: Pemberhentian Ahok menunggu Surat Dari Pengadilan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here