Berita terkini: Hari ini Dua Gempa Bumi Getarkan Laut Banda dan Laut Sulawesi, ilmuwan Nasa “Tak Ada Kaitan Gerhana Matahari Total Dengan Gempa” !!

0
3559
Berita terkini: Hari ini Dua Gempa Bumi Getarkan Laut Banda dan Laut Sulawesi, ilmuwan Nasa

Berita terkini: Hari ini Dua Gempa Bumi Getarkan Laut Banda dan Laut Sulawesi, ilmuwan Nasa “Tak Ada Kaitan Gerhana Matahari Total Dengan Gempa” !!

Indowarta.com – Pada Hari Rabu (9/3/2106), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah melaporkan adanya aktifitas gempa bumi di dua lokasi berbeda ketika fenomena Gerhana Matahari Total tadi terjadi.

Masturiyono,  sebagai Deputi Geofisika BMKG mengatakan jika gempa yang pertama terjadi di tepatnya pada pukul 07.39 WIB di sekitar Laut Banda, gempa berkekuatan 4,1 SR itu telah terjadi pada kedalaman 350 kilometer dibawah laut.

Sementara, pada gempa kedua terjadi beberapa menit setelah kejadian gempa bumi pertama, yakni pada pukul 07.56 di sekitar Laut Sulawesi. Gempa bumi itu memiliki kekuatan sekitar 4,3 SR pada kedalaman 580 KM.

Berita terkini: Hari ini Dua Gempa Bumi Getarkan Laut Banda dan Laut Sulawesi, ilmuwan Nasa "Tak Ada Kaitan Gerhana Matahari Total Dengan Gempa" !!

Namun para warga tidak perlu panik, karena pihak BMKG mengatakan jika gempa tersebut tidak memiliki potensi tsunami. Saat ditanyai terkait gempa tersebut apakah ada kaitanya dengan Gerhana Matahari Total ? Masturyono belum bisa memastikannya.

Memang tidak dapat dipungkiri, menjelang terjadinya fenomena Gerhana Matahari Total terjadi, di Indonesia beberapa kali diterjang oleh gempa bumi di berbagai wilayah. Prediksi gempa bumi yang dikaitkan oleh Gerhana Matahari Total memang sebuah kebetulan saja.

Seperti yang sempat terjadi pada tanggal 2 Maret 2016 lalu di Sumatera telah terjadi gempa yang berkekuatan 7,2 SR yang memiliki potensi terjadinya tsunami, dan pada saat itu memang kebetulan juga 7 hari menjelang terjadinya Gerhana Matahari Total di Indonesia.

Namun salah satu astronom dari NASA yaknu Mitzi Adams telah memberikan keterangan,  jika tidak ada sebuah kolerasi atau keterkaitanya Gempa bumi dan Gerhana Matahari Total.

Dan saat ini salah satu ilmuwan dari NASA yakni Dr. Nat Gopalswamy sedang berada di Indonesia untuk melakukan pengamatan tentang Gerhana Matahari Total yang sedang terjadi di Indonesia. Dalam keteranganya Nat juga mengatakan jika Gerhana Matahari Total tidak ada kaitanya sama sekali dengan gempa bumi.

Baca juga : Gerhana Matahari Dikira Kiamat Anak ini Nangis, Begini Penampakan Kacamata Gerhana Matahari Raksasa !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here