Berita Terkini: Minimalisir Pungli, lebih Baik Kita Katahui Detail Proses E-Tilang Berikut Ini !

    0
    594
    Berita Terkini: Minimalisir Pungli, lebih Baik Kita Katahui Detail Proses E Tilang Berikut Ini !
    Copyright ©Diposkan

    Minimalisir Pungli, lebih Baik Kita Katahui Detail Proses E-Tilang Berikut Ini !

    Indowarta.com – Reformasi birokrasi kini mulai merambah ke berbagai sector di Indonesia. setelah diawali dengan e-KTP saat ini yang terbaru adalah E-Tilang atau tilang online. Cara tersebut diambil pihak kepolisian karena dipercaya dapat meminimalisir terjadinya pungutan liar.

    Rencananya tilang online ini akan diberlakukan mulai hari ini, Jumat (16/12/2016). Proses penilangan yang dulunya rumit dan menyita banyak waktu melalui persidangan kini tidak akan terjadi lagi. Proses tilang dengan cara ini nantinya pelanggar tidak akan mendapatkan blanko atau surat tilang.

    Lalu bagaimanakah proses E-Tilang ini berjalan?

    Nantinya pelanggar yang melanggar akan dicatat melalui sebuah aplikasi yang dimiliki oleh personel kepolisian. Dalam waktu yang singkat pengendara nanti akan mendapatkan notifikasi berupa kode yang berisi sama seperti surat tilang yang disertai kode untuk melakukan pembayaran denda melalui BRI.

    Berita Terkini: Minimalisir Pungli, lebih Baik Kita Katahui Detail Proses E Tilang Berikut Ini !
    Copyright ©Tribunnews

    Pelanggar bisa membayarkan langsung ke bank dengan fasilitas yang telah dimilikinya. Mungkin dengan menggunakan e-banking, ATM, maupun langsung datang ke teller.

    Pelanggar diwajibkan untuk membayar denda maksimal sesuai dengan pasal yang dilanggarnya. Apabila sudah lunas, petugas yang menilang selanjutnya akan mendaptkan sebuah notifikasi di ponselnya bahwa yang bersangkutan sudah membayar denda tersebut.

    Pelanggar bisa langsung menebus surat yang telah disita itu dengan menyerahkan bukti pembayaran, maupun mengambil ditempat yang telah disebutkan dalam notifikasi.

    Untuk tilang yang biasa dikenal dengan slip merah yang pelanggarnya ingin mengikuti sidang, prosesnya juga sama. Aplikasi E-Tilang terintegrasi dengan pengadilan dan kejaksaan. Hakim nantinya akan memberikan sebuah putusan, selanjutnya jaksa akan mengeksekusi putusan tersebut, biasanya dalam kurun waktu seminggu atau dua minggu.

    Kalau sidang biasanya akan menetapkan denda jauh lebih ringan dari denda maksimumnya. Selanjutnya sisa dari pembayaran akan ditransfer kembali, atau diminta mengambilnya lewat kejaksaan bagi mereka yang tidak memiliki fasilitas pembayaran.

    Namun masih ada kekurangan dari tilang online ini. Hari ini E-Tilang baru dapat melayani tilang slip biru biasanya menitipkan uang  tunai langsung ke petugas. Sementara ini untuk tilang yang menggunakan slip merah bagi yang ingin mengikuti sidang belum tersedia .

    Dengan berjalannya waktu nanti E-Tilang slip merah pasti juga akan dilayani sehingga tidak ada agi sidang tilang. Fasilitas untuk pembayarannya pun dengan bank lainnya juga akan ditambah untuk memudahkan proses pembayaran.

    Baca Juga Berbagai Kisah Pilu Driver GoJek yang Jadi Viral Di FB, Martabak ditolak Sampai Driver yang Sudah Tua !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here