Usai E Tilang, Kakorlantas Polri Luncurkan Aplikasi Sim Online, begini Cara Membuat dan Memperpanjang SIM Secara Online !

    0
    1372
    SIM Online
    Copyright ©sim.korlantas.polri

    Usai E Tilang, Kakorlantas Polri Luncurkan Aplikasi Sim Online, begini Cara Membuat dan Memperpanjang SIM Secara Online !

    Indowarta.com – Kakorlantas Polri saat ini terus berbenah untuk membersihkan institusinya dari segala macam pungutan liar (pungli). Dalam rangka meminimalisir pungli tersebut Korlantas kini merilis 3 aplikasi mulai dari e-Tilang, e-samsat hingga SIM online.

    Seperti keterangan yang diberikan oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto, program tersebut untuk mengurangi dan meminimalisir pungutan liar maupun penyelewengan yang dilakukan oleh anggota kepolisian.

    Melalui aplikasi tersebut, masyarakat tidak perlu datang ke lokasi sesuai dengan KTP untuk membuat SIM maupun mengurus pajak kendaraan. Masyarakat hanya perlu membayar melalui bank BNI atau BRI, kemusian datang ke Satpas dan Samsat terdekat.

    Usai E Tilang, Kakorlantas Polri Luncurkan Aplikasi Sim Online, begini Cara Membuat dan Memperpanjang SIM Secara Online !
    Copyright ©Tribunnews

    Jika terkena tilang, masyarakat bisa langsung melakukan pembayaran melalui bank atau ATM terdekat setelah mendapatkan nomor registrasi tilang.

    Agung mengharapkan, tiga aplikasi baru itu bisa meningkatkan pelayanan kepolisian. Pelayanan diharapkan bisa menjadi lebih maksimal, cepat, tepat, mudah juga transparan. Bahkan berbagai kalanganpun menyambut baik mengenai terobosan Polri yang inovatif ini.

    Nah untuk para pemilik SIM, kini anda tidak perlu lagi repot-repotharus pulang pergi ke daerah asal saat mebuat SIM. Saat ini dengan SIM online Anda bisa kapan saja tanpa harus pulang ke daerah asal untuk memperpanjang masa berlaku SIM atau mebuat SIM baru.

    Lalu bagaimanakah caranya? Berikut ini cara membuat dan memperpanjang SIM online :

    1. bukalah website korlantas.polri.go.id
    2. pilih bahasa Indonesia
    3. klik pelayanan
    4. pilih SIM BARU atau Memperpanjang
    5. setelah itu Anda akan dipindahkan ke bagian pengisian formulir data diri Anda
    6. pilih kategori apakah Anda akan membuat atau memperpanjang SIM
    7. Golongan SIM: pilih sesuai dengan yang ingin Anda buat SIM A, SIM A umum atau SIM C
    8. Masukkan nomor telephone, alamat email, lokasi temoat perpanjangan atau pendaftaran yang akan ANda inginkan juga dengan tanggal kedatangan.
    9. Jika semua sudah terisi, klik next untuk ketahap selanjutnya
    10. Setelah selesai pengisian form, Anda akan diminta lagi untuk mengisi form data tentang data SIM Anda
    11. Isilah dengan lengkap formulir yang telah disediakan
    12. Setelah selesai pengisian form formulir, klik next untuk ke tahap selanjutanya
    13. Setelah klik next pada langkah di atas. Pada tahap ini Anda diminta untuk mengecek ulang apakah data Anda sesuai dengan yang sudah Anda masukkan. Apabila sudah sesuai, masukan kode captcha, setelah itu klik submit
    14. Setelah selesai dengan semua proses di atas tadi, Terakhir Anda akan mendapatkan kode booking sesua jadwal yang diinginkan dan dikirim ke email Anda.

    Setelah semuanya selesai, jangan lupa untuk menyiapkan berkas yang akan ditunjukkan kepada petugas untuk mencocokkan data Anda sesua yang Anda masukkan secara online pada hari H nanti. Yang harus di persiapkan yaitu KTP asli, Fotocopy KTP, SIM asli (jika anda memperpanjang), fotocopy SIM (jika anda memperpanjang).

    Cara di atas berlaku juga untuk pendaftaran atau pembuatan SIM baru secara online. Perbedaan hanya pada pemilihan kategori saja yang dirubah. Dari memperpanjang SIM baru menjadi SIM Baru atau Buat Baru.

    Baca Juga Berita Terkini: Minimalisir Pungli, lebih Baik Kita Katahui Detail Proses E-Tilang Berikut Ini !

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here