Uang Rupiah Baru Sulit Dipalsukan, Ini Alasannya !

0
2584
Uang Rupiah Baru
Copyright©tmpo

Uang Rupiah Baru Sulit Dipalsukan, Ini Alasannya !

Indowarta.com– Bank Indonesia selaku Bank Sentral dan juga pemerintah ini akan meluncurkan sebanyak 11 desain Uang Rupiah Baru secara serentah pada tanggal 19 Desember 2016. Uang baru ini diklaim akan sangat sulit untuk bisa dipalsukan.

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia yakni Suhaedi mengatakan bahwa uang desain Uang Rupiah Baru tersebut akan dilengkapi dengan unsur yang lebih kuat guna mencegah adanya peredaran uang palsu.

Suhaedi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet (Setkab) pada hari Jumat 16 Desember 2016 mengatakan bahwa antara lain adalah melalui penguatan unsur pengamana yakni akan dilakukan color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect dan juga rectoverso.

Pada sisi color shifting ini apabila nantinya dilihat dari sudut pandang yang berbeda akan terjadi perubahan warga secara kontral. Lalu untuk sisi rainbow feature apabila dililhat dari sudut pandang tertentu akan muncul gambar tersembunyi multi warna yang beruapa angka nominal tersebut.

Lalu pada sisi latent image ini bila dilihat dari sudut tertentu akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan dan juga angka nominal bagian belakang. lalu untuk sisi ultra violet feature level 2 ini akan ada pengautan desain UV feature yang memndar akan terbentuk di bawah sinar UV. Lalu di sisi rectoverso bila diterawang akan berbentuk gambar saling isi berupa logo dari BI.

Uang Rupiah Baru
Copyright©detik

Tidak berhenti di situ saja, desain dari yang tahun emisi (TE) 2016 ini akan dilakukan penguatan dari penyempurnaan fitur kode tuna netra dengan cara melakukan perubahan desain pada bentuk kode tuna netra berupa efek rabaan atau yang disebut dengan tactile effect. Hal ini berguna untuk membantu antar pecahan dengan lebih mudah lagi.

Menurut Suhaedi, fitur baru ini akan memberikan kemudahan bagi penyandang tuna netra untuk mengidentifikasi dan juga meningkatkan aksesbililtas yang rupiah. hal ni sesuai dengan amanat dari UU Nomor 19 tahun 2011 mengenai Pengesahan Konvensi Mengenai Hak Hak Penyandang Disabilitas.

baca juga :

Berita Terkini : Tertangkap OTT KPK Terkait Suap 2 Milliar, Deputi Bakamla Eko Susilo Resmi Jadi Tersangka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here