Berita Terkini: Sidang Ahok Berpotensi Akan Dipindahkan, Ini Alternatifnya!

0
1874
Ahok
Copyright©merdeka

Sidang Ahok Berpotensi Akan Dipindahkan, Ini Alternatifnya!

Indowarta.com – Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suntana mengatakan kalau lokasi sidang kasus dugaan penistaan agama yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berpotensi dipindah.

Semula sidang perdana pembacaan surat dakwaan dan nota keberatan terhadap surat dakwaan digelar di bekas Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat di Jalan Gajah Mada, Selasa (13/12/2016). Namun, berdasarkan evaluasi dari sidang Ahok itu, aparat kepolisian menilai tempat tersebut kurang layak menggelar sidang.

Hal ini lihat dari segi keamanan dan juga arus lalu lintas di sekitar lokasi persidangan. Selain itu, dari rapat evaluasi dengan pihak Pengadilan Negeri Jakarta Utara diketahui kalau pihak pengadilan nakan menyampaikan sejumlah keluhan terkait dengan sidang Ahok yang dilaksanakan di Jalan Gajah Mada.

Berita Terkini: Sidang Ahok Berpotensi Akan Dipindahkan, Ini Alternatifnya!
Copyright ©Suara

Suntana juga menjelaskan bahwa penempatan ruang sidang pengadilan kasus dugaan penistaan agama akan ditentukan berdasarkan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Dia juga mengatakan, begitu sidang kemarin, pihaknya telah berdiskusi dengan pengadilan dan menyampaikan evaluasi pengamanan dalam dan luar. Ketua pengadilan juga memiliki pandangan yang sama dengannya memang di perlukan untuk mencari tempat  yang lain.

Pada prinsipnya pihak kepolisian menyarankan lokasi yang tenang dan nyaman untuk sidang Ahok tersebut. Tidak seperti tempat sidang yang berada di Jalan Gajah Mada. Dimana aparat kepolisian harus mengalihkan arus karena terjadi kemacetan.

Saat ini Suntana sudah berdiskusi denga ketua pengadilan agar dapat memikirkan solusi yang terbaik untuk tempat sidang Ahok nanti dan tidak mengganggu arus lalu lintas maupun yang lainnya. Ketua pengadilan sendiri juga telah menyampaikan lebih baik pindah, tetapi tempatnya belum ditentukan.

Rencananya, Kapolda Metro jaya, Irjen Mochammad Irawan dan jajarannya akan meninjau lokasi alternatif untuk menggelar sidang Ahok. Kemungkinan tempat tesebut di Cibubur dan Ragunan.

Koropenmas Polri Kombes Rikwanto beralasan alternatif lokasi tersebut direkomendasikan dengan mempertimbangkan jumlah massa yang inin melihat jalannya persidangan. Meskipun begitu, pihaknya hanya sebatas merekomendasikan tempat tersebut. untuk pengambilan keputusan lokasi sidang ada pada pihak pengadilan.

Selain itu juga belum dipastikan berapa jumlah personel pengamanan untuk sidang. Tetapi jumlah personel akan segera dipastikan apabila lokasi persidangan sudah ditentukan. Hal itu karena jumlah personel pengamanan akan disesuaikan dnegan segala kemungkinan di tiap lokasi.

Baca Juga Debat Cagub DKI: Begini Jadinya Saat Ahok Jawab Kritik pedas Anies Baswedan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here