Berita Terkini: Dengan Menggunakan E-Tilang, Pelanggar Tak Perlu Mengikuti Sidang, Kecuali Jika Keberatan !

    0
    1596
    Berita Terkini: Dengan Menggunakan E Tilang, Pelanggar Tak Perlu Mengikuti Sidang, Kecuali Jika Keberatan !
    Copyright ©Liputan6

    Dengan Menggunakan E-Tilang, Pelanggar Tak Perlu Mengikuti Sidang, Kecuali Jika Keberatan !

    Indowarta.com – Korlantas Polri telah meluncurkan elektronik tilang (E-Tilang). E-Tilang ini diharapkan bisa menjadi sebuah solusi yang mempermudah masyarakat.

    Seperti yang telah dikatakan oleh Kapolri Jendral polisi Tito Karnavian saat berada di Kantor Samsat, Daan Mogot, Jakarta Barat, tilang elektronik, jadi nanti ditilang akan dimasukkan ke dalam system aplikasi. Yang ditilang kemudian akan bayar di bank, kemudian nanti kalau mau hadir di pengadilan bisa, misalkan tidak juga bisa.

    Pelanggar lalu lintas nanti tidak perlu hadir dalam persidangan, melainkan membayar denda tilangnya itu melalui bank BRI. Kemudian bukti pembayaran tersebut yang nanti digunakan sebagai bukti untuk mengambil berkas-berkas penilangan.

    Berita Terkini: Dengan Menggunakan E Tilang, Pelanggar Tak Perlu Mengikuti Sidang, Kecuali Jika Keberatan !
    Copyright ©Diposkan

    Selain itu Tito juga mempersilahkan para pelanggar untuk datang ke persidangan. Tentunya itu untuk pelanggar yang merasa dirinya tidak bersalah, namun tetap ditilang oleh aparat kepolisian. Tito mengatakan, kecuali mereka yang merasa keberatan, dia bisa tampil di sidang untuk mempertahankan argumentasinya.

    E-Tilang sendiri sebenarnya dilakukan oleh pihak kepolisian untuk mempermudah masyarakat serta mengurangi tidak pidana korupsi atau pungutan liar yang dilakukan oleh aparat kepolisian.

    Proses yang dulunya rumit dan menyita banyak waktu melalui persidangan kini tidak akan ada lagi. Untuk Anda yang belum paham mengenai bagaiman proses E-Tilang ini, disini nanti akan dijelakan. Alih-alih penilangan menggunakan blankso atau surat tilang, nantinya pelanggar yang telah melanggar akan dicatat melalui sebuah aplikasi yang telah dimiliki oleh personel kepolisian.

    Setelah terekam, pelanggar dalam waktu singkat akan mendapatkan sebuah notifikasi yang berupa kode yang berisi persis seperti pada surat tilang, selain itu nantinya dalam notifikasi itu akan disertai kode untuk melakukan pembayaran yang bisa dilakukan melalui BRI.

    Tilang elektronik ini memberikan kesempatan kepada pelanggar untuk menitipkan dendanya langsung ke bank dengan fasilitas yang telah mereka miliki, misalnya dengan menggunakan e-banking, ATM, maupun langsung datang ke teller bank.

    Setelah itu pengendara diwajibkan untuk membayar maksimal sesuai dengan pasal yang dia langgar. Jika sudah lunas, petugas yang menilang tadi akan mendapatkan notifikasi juga melalui ponselnya. Pelanggar bisa langsung menyerahkan bukti pembayaran untuk menebus surat yang telah disita oleh petugas atau mengambil ditempat yang telah disebut dalam notifikasi.

    Untuk saat ini E-Tilang hanya bisa melayani tilang dengan menggunakan slip biru, namun dengan berjalannya waktu, tilang merah juga akan dilayani menggunakan aplikasi ini. Fasilitas untuk pembayaran pun juga akan ditambah guna untuk mempermudah proses pembayaran.

    Baca Juga Usai E Tilang, Kakorlantas Polri Luncurkan Aplikasi Sim Online, begini Cara Membuat dan Memperpanjang SIM Secara Online !

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here